Rosanti, . (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V SD NEGERI 05 PAGI KEAGUNGAN JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (49kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (303kB) |
|
Text
3. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (196kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORSINALITAS.pdf Download (241kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (147kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (109kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran kelas V SD Negeri Keagungan 05 Pagi Jakarta Barat yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret�April 2019 semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Analisis data dilakukan dengan merefleksi kegiatan�kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai ≥70 mencapai 63,3%, sedangkan pada siklus II mencapai 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas V SD Negeri Keagungan 05 Pagi Jakarta Barat. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran dengan menerapkan metode bermain peran pada pembelajaran bahasa Indonesia memperoleh presentase hasil pengamatan tindakan aktivitas guru pada siklus I pertemuan ke-2 sebesar 76,6%. Untuk pemantauan tindakan aktivitas pada pertemuan ke-2 sebesar 75%. Pada siklus II pemantauan tindakan aktivitas guru mendapatkan hasil pertemuan ke-2 sebesar 93,3% dan untuk tindakan aktivitas peserta didik pada pertemuan ke-2 sebesar 91,6%. Implikasi dari penelitian tindakan kelas ini adalah keterampilan berbicara peserta didik kelas V SD Negeri Keagungan 05 Pagi Jakarta Barat dapat meningkat dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode bermain peran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd ; 2). Dra. Rosinar, M.Pd., |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 08:41 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 08:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16332 |
Actions (login required)
View Item |