MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V SD NEGERI 05 PAGI KEAGUNGAN JAKARTA BARAT

Rosanti, . (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V SD NEGERI 05 PAGI KEAGUNGAN JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
3. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (196kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORSINALITAS.pdf

Download (241kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran kelas V SD Negeri Keagungan 05 Pagi Jakarta Barat yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret�April 2019 semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Analisis data dilakukan dengan merefleksi kegiatan�kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai ≥70 mencapai 63,3%, sedangkan pada siklus II mencapai 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas V SD Negeri Keagungan 05 Pagi Jakarta Barat. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran dengan menerapkan metode bermain peran pada pembelajaran bahasa Indonesia memperoleh presentase hasil pengamatan tindakan aktivitas guru pada siklus I pertemuan ke-2 sebesar 76,6%. Untuk pemantauan tindakan aktivitas pada pertemuan ke-2 sebesar 75%. Pada siklus II pemantauan tindakan aktivitas guru mendapatkan hasil pertemuan ke-2 sebesar 93,3% dan untuk tindakan aktivitas peserta didik pada pertemuan ke-2 sebesar 91,6%. Implikasi dari penelitian tindakan kelas ini adalah keterampilan berbicara peserta didik kelas V SD Negeri Keagungan 05 Pagi Jakarta Barat dapat meningkat dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode bermain peran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd ; 2). Dra. Rosinar, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 24 Jun 2021 08:41
Last Modified: 24 Jun 2021 08:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16332

Actions (login required)

View Item View Item