PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI KERAGAMAN INDONESIA BERBASIS SIKAP TOLERANSI PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SD

RAHMI GUSNIA JELVIDA, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI KERAGAMAN INDONESIA BERBASIS SIKAP TOLERANSI PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Abstrak & Abstract.pdf

Download (286kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (468kB)
[img] Text
Lembar Orisinalitas.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (296kB)
[img] Text
a. BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text
c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media permainan Monopoli Keragaman Indonesia berbasis sikap toleransi untuk pembelajaran PPKn Kelas IV sekolah dasar. Responden dalam pengembangan ini terdiri dari satu dosen ahli media, dua dosen ahli materi, satu dosen ahli bahasa, guru kelas IV SD, dan peserta didik kelas IV SDN Jatiwaringin VII Bekasi yang berjumlah 31 orang dengan rincian 3 peserta didik pada tahap one to one, 12 peserta didik pada tahap small group, dan 16 peserta didik ada tahap field test. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ASSURE yang terdiri dari enam tahap yaitu menganalisis peserta didik; menentukan tujuan; memilih metode, media, dan materi; menggunakan media dan materi; mengharuskan partisipasi peserta didik; lalu mengevaluasi dan merevisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil uji coba pengembangan media permainan Monopoli Keragaman Indonesia kepada para ahli diperoleh nilai rata-rata 84,4% untuk ahli media, 95,5% untuk ahli materi I, 88,6% untuk ahli materi II, dan 92,2% untuk ahli bahasa. Hasil ini menunjukkan bahwa media masuk kedalam kategori sangat baik, sedangkan hasil uji coba di lapangan mendapatkan nilai rata-rata 95,5 % untuk one to one, 94,5% untuk small group, dan 95,7% untuk field test. Hal ini menunjukkan bahwa media permainan Monopoli Keragaman Indonesia sudah layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran PPKn Kelas IV tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, M.Pd. ; 2). Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:32
Last Modified: 29 Jun 2021 03:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16365

Actions (login required)

View Item View Item