RAHMI GUSNIA JELVIDA, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI KERAGAMAN INDONESIA BERBASIS SIKAP TOLERANSI PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover Skripsi.pdf Download (24kB) |
|
Text
Abstrak & Abstract.pdf Download (286kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (468kB) |
|
Text
Lembar Orisinalitas.pdf Download (302kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (358kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (296kB) |
|
Text
a. BAB I.pdf Download (344kB) |
|
Text
b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
|
Text
c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
|
Text
d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (322kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media permainan Monopoli Keragaman Indonesia berbasis sikap toleransi untuk pembelajaran PPKn Kelas IV sekolah dasar. Responden dalam pengembangan ini terdiri dari satu dosen ahli media, dua dosen ahli materi, satu dosen ahli bahasa, guru kelas IV SD, dan peserta didik kelas IV SDN Jatiwaringin VII Bekasi yang berjumlah 31 orang dengan rincian 3 peserta didik pada tahap one to one, 12 peserta didik pada tahap small group, dan 16 peserta didik ada tahap field test. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ASSURE yang terdiri dari enam tahap yaitu menganalisis peserta didik; menentukan tujuan; memilih metode, media, dan materi; menggunakan media dan materi; mengharuskan partisipasi peserta didik; lalu mengevaluasi dan merevisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil uji coba pengembangan media permainan Monopoli Keragaman Indonesia kepada para ahli diperoleh nilai rata-rata 84,4% untuk ahli media, 95,5% untuk ahli materi I, 88,6% untuk ahli materi II, dan 92,2% untuk ahli bahasa. Hasil ini menunjukkan bahwa media masuk kedalam kategori sangat baik, sedangkan hasil uji coba di lapangan mendapatkan nilai rata-rata 95,5 % untuk one to one, 94,5% untuk small group, dan 95,7% untuk field test. Hal ini menunjukkan bahwa media permainan Monopoli Keragaman Indonesia sudah layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran PPKn Kelas IV tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku”.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Yustia Suntari, M.Pd. ; 2). Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 03:32 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 03:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16365 |
Actions (login required)
View Item |