MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V SDN PISANGAN TIMUR 13 PAGI JAKARTA TIMUR (Studi Penelitian Tindakan Kelas)

PUTRI SETYA DEWANTI, . (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V SDN PISANGAN TIMUR 13 PAGI JAKARTA TIMUR (Studi Penelitian Tindakan Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (152kB)
[img] Text
2. Abstrak & Abtract.pdf

Download (328kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan.pdf

Download (607kB)
[img] Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (461kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (109kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (290kB)
[img] Text
11. a. Bab 1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
11. b. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
11. c. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
11. d. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text
11. e. bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa kelas V SDN Pisangan Timur 13 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di SDN Pisangan Timur 13 Pagi Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2019-Mei 2019 semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi sebagai dasar perencanaan ulang untuk penelitian selanjutnya. Pada siklus I, kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 19 orang siswa atau dengan presentase sebesar 67,85%. Pada siklus II ini telah mengalami peningkatan dengan memperoleh hasil kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 23 orang siswa atau dengan presentase sebesar 82,14%. Adapun presentase instrumen pemantau tindakan guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 60%, pertemuan 2 sebesar 65% dan instrumen pemantau tindakan siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 56%, pertemuan 2 sebesar 64%. Adapun presentase instrumen pemantau tindakan guru pada siklus II pertemuan 1 sebesar 75%, pertemuan 2 sebesar 85% dan instrumen pemantau tindakan siswa pada siklus II pertemuan 1 sebesar 76%, pertemuan 2 sebesar 84%. Implikasi dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD dalam pembelajaran IPS dapat meningkat dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah di dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Drs. Satrio, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 29 Jun 2021 06:23
Last Modified: 29 Jun 2021 06:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16376

Actions (login required)

View Item View Item