PUTRI SETYA DEWANTI, . (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V SDN PISANGAN TIMUR 13 PAGI JAKARTA TIMUR (Studi Penelitian Tindakan Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (152kB) |
|
Text
2. Abstrak & Abtract.pdf Download (328kB) |
|
Text
3. Lembar Persetujuan.pdf Download (607kB) |
|
Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf Download (461kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (109kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (290kB) |
|
Text
11. a. Bab 1.pdf Download (348kB) |
|
Text
11. b. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
|
Text
11. c. bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
Text
11. d. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) |
|
Text
11. e. bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (147kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa kelas V SDN Pisangan Timur 13 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di SDN Pisangan Timur 13 Pagi Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2019-Mei 2019 semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi sebagai dasar perencanaan ulang untuk penelitian selanjutnya. Pada siklus I, kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 19 orang siswa atau dengan presentase sebesar 67,85%. Pada siklus II ini telah mengalami peningkatan dengan memperoleh hasil kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 23 orang siswa atau dengan presentase sebesar 82,14%. Adapun presentase instrumen pemantau tindakan guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 60%, pertemuan 2 sebesar 65% dan instrumen pemantau tindakan siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 56%, pertemuan 2 sebesar 64%. Adapun presentase instrumen pemantau tindakan guru pada siklus II pertemuan 1 sebesar 75%, pertemuan 2 sebesar 85% dan instrumen pemantau tindakan siswa pada siklus II pertemuan 1 sebesar 76%, pertemuan 2 sebesar 84%. Implikasi dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD dalam pembelajaran IPS dapat meningkat dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah di dalam proses pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Drs. Satrio, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 06:23 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 06:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16376 |
Actions (login required)
View Item |