FITRIANA EKA LESTARI PUTRI, . (2019) MENINGKATKAN TOLERANSI PESERTA DIDIK PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE GROUP-TO-GROUP EXCHANGE (GGE) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V di SDN Kemanggisan 12 Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (97kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (481kB) |
|
Text
3. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf Download (148kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (420kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (254kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (175kB) |
|
Text
12 a. BAB 1.pdf Download (321kB) |
|
Text
12 b. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
Text
12 c. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
|
Text
12 e. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
Text
12 d. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi peserta didik pada muatan pembelajaran PPKn melalui strategi active learning tipe Group-to�group Exchange pada peserta didik kelas V SDN Kemanggisan 12 Jakarta Barat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V pada semester dua tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 19 orang. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan melalui pengamatan/observasi, kuesioner dan dokumentasi yang diambil pada saat pembelajaran PPKn berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari tindakan guru dalam mengelola proses pembelajaran PPKn dengan menggunakan strategi active learning tipe Group-to-group Exchange pada siklus I mencapai 90% dan meningkat pada siklus II menjadi 95%. Di sisi lain, data yang diperoleh untuk tindakan peserta didik selama mengikuti pembelajaran PPKn pada siklus I mencapai 92,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 95%. Adapun persentase peserta didik yang mencapai skor toleransi ≥85 pada siklus I sebanyak 52,63% dan mencapai target pada siklus II dengan persentase 89,47%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn dengan strategi active learning tipe Group-to-group Exchange dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan toleransi peserta didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd., ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 04:49 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 04:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16596 |
Actions (login required)
View Item |