MENINGKATKAN TOLERANSI PESERTA DIDIK PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE GROUP-TO-GROUP EXCHANGE (GGE) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V di SDN Kemanggisan 12 Jakarta Barat)

FITRIANA EKA LESTARI PUTRI, . (2019) MENINGKATKAN TOLERANSI PESERTA DIDIK PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE GROUP-TO-GROUP EXCHANGE (GGE) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V di SDN Kemanggisan 12 Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (481kB)
[img] Text
3. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (148kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (420kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (254kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
12 a. BAB 1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
12 b. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
12 c. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
12 e. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
12 d. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi peserta didik pada muatan pembelajaran PPKn melalui strategi active learning tipe Group-to�group Exchange pada peserta didik kelas V SDN Kemanggisan 12 Jakarta Barat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V pada semester dua tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 19 orang. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan melalui pengamatan/observasi, kuesioner dan dokumentasi yang diambil pada saat pembelajaran PPKn berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari tindakan guru dalam mengelola proses pembelajaran PPKn dengan menggunakan strategi active learning tipe Group-to-group Exchange pada siklus I mencapai 90% dan meningkat pada siklus II menjadi 95%. Di sisi lain, data yang diperoleh untuk tindakan peserta didik selama mengikuti pembelajaran PPKn pada siklus I mencapai 92,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 95%. Adapun persentase peserta didik yang mencapai skor toleransi ≥85 pada siklus I sebanyak 52,63% dan mencapai target pada siklus II dengan persentase 89,47%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn dengan strategi active learning tipe Group-to-group Exchange dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan toleransi peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd., ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 21 Jul 2021 04:49
Last Modified: 21 Jul 2021 04:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16596

Actions (login required)

View Item View Item