PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK TUNARUNGU (Single Subject Research Pada Anak Tunarungu)

DEANA NURAZIZAH, . (2019) PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK TUNARUNGU (Single Subject Research Pada Anak Tunarungu). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (434kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (379kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (284kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
12. a. Bab 1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
12. b. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
12. c. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img] Text
12. d. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
12. e. Bab 5.pdf

Download (11kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode Survey, Question, Read,Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu kelas V di SDN Rambutan 01 Jakarta Timur. Fokus penelitian ini adalah membaca pemahaman dalam bagian literal yaitu menyebutkan fakta atau detail dalam teks bacaan dan mengurutkan cerita (sequence). Subjek penelitian ini adalah satu anak tunarungu berinisial SA. Metode yang digunakan adalah Penelitian Dengan Subjek Tunggal atau Single Subject Research dimana tahapan pada metode tersebut terdiri dari tahap Baseline (A1), Intervensi (B), dan Baseline (A2). Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis dan hasil pengamatan. Pada tahap Baseline (A1) persentase stabilitas 100% menunjukan data stabil untuk diberikan intervensi. Pada tahap Intervensi (B) persentase stabilitas meningkat menjadi 87,5% menunjukkan data sudah stabil. Pada tahap Baseline (A2) persentase stabilitas menjadi 100% menunjukkan data stabil. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu di SDN Rambutan 01 Jakarta Timur. Oleh karena itu, diharapkan guru dapat menggunakan metode SQ3R dalam mengajar membaca pemahaman anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd ; 2). Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:15
Last Modified: 31 Oct 2022 03:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16718

Actions (login required)

View Item View Item