CHINTYA DWI PUTRI, . (2019) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN (Studi Eksperimen di Taman Kanak-Kanak, Bekasi Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (285kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (459kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (28kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (292kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (147kB) |
|
Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (389kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (427kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain peran terhadap keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun TKIT Al-Fikroh, Bekasi Utara sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen True Eksperimental Design dengan desain pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi serta dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t diketahui harga ttabel dengan dk=28 dan taraf signifikasi α= 0,05 adalah 1,70. Diperoleh thitung = 8,9 > ttabel =1,70 , dengan demikian maka hipotesis diterima. Keterampilan sosial yang diamati meliputi aspek komunikasi, partisipasi, empati, dan interaksi. Pada post-test kelompok eksperimen, aspek komunikasi anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 22%, pada aspek partisipasi anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 39,67%, pada aspek empati anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 30,67%, pada aspek interaksi anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 26,33%. Pada post-test kelompok kontrol pada aspek komunikasi anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 19,67%, pada aspek partisipasi anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 21,67%, pada aspek empati anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 13%, pada aspek interaksi anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 15%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran berpengaruh signifikasi terhadap keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui keterampilan sosial setiap siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam bermain peran untuk dapat mengembangkan keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Niken Pratiwi, M.Pd ; 2). Dr. Sofia Hartati, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 05:14 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 05:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16742 |
Actions (login required)
View Item |