PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN (Studi Eksperimen di Taman Kanak-Kanak, Bekasi Utara)

CHINTYA DWI PUTRI, . (2019) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN (Studi Eksperimen di Taman Kanak-Kanak, Bekasi Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (389kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (427kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain peran terhadap keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun TKIT Al-Fikroh, Bekasi Utara sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen True Eksperimental Design dengan desain pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi serta dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t diketahui harga ttabel dengan dk=28 dan taraf signifikasi α= 0,05 adalah 1,70. Diperoleh thitung = 8,9 > ttabel =1,70 , dengan demikian maka hipotesis diterima. Keterampilan sosial yang diamati meliputi aspek komunikasi, partisipasi, empati, dan interaksi. Pada post-test kelompok eksperimen, aspek komunikasi anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 22%, pada aspek partisipasi anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 39,67%, pada aspek empati anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 30,67%, pada aspek interaksi anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 26,33%. Pada post-test kelompok kontrol pada aspek komunikasi anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 19,67%, pada aspek partisipasi anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 21,67%, pada aspek empati anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 13%, pada aspek interaksi anak menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan sebesar 15%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran berpengaruh signifikasi terhadap keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui keterampilan sosial setiap siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam bermain peran untuk dapat mengembangkan keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Niken Pratiwi, M.Pd ; 2). Dr. Sofia Hartati, M.Si
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 12 Aug 2021 05:14
Last Modified: 12 Aug 2021 05:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16742

Actions (login required)

View Item View Item