PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MEME SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 51 JAKARTA

FIKRI PRATAMA GEMILANG, . (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MEME SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 51 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendapatkan data empiris tentang ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran meme sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN 51 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental dengan bentuk Pretest-Posttest Kontrol Group Design. Melalui uji perysaratan analisis menggunakan Uji Normalitas Kolmogrov – Smirnov dan Uji Asumsi Homogenitas Fisher (Uji F), data dalam penelitian ini telah terbukti berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, pengujian hipotesis menggunakan Uji T, khususnya Uji T Tidak Berpasangan atau Independent Sample T Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji t diketahui rata – rata pre – test kelas eksperimen sebesar 54, 7692 dan rata – rata nilai post -test sebesar 68, 4103 sehingga mengalami peningkatan sebesar 13,6411. Diperoleh juga nilai P < 0,05 yang berarti bisa dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran meme sejarah terhadap hasil belajar siswa, serta terdapat peningkatan secara signifikan pada skor hasil belajar siswa kelompok eksperimen. Kemudian, setelah dilakukan uji t pada post – test kelas Eksperimen dan post – test kelas Kontrol, diketahui rata – rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 68,41 dan rata – rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 54,05, sehingga bisa disimpulkan bahwa rata – rata hasil belajar kelas eksperimen 14,16 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran Meme sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN 51 Jakarta. This study aims to obtain empirical data about the influence of historical meme learning media on students' learning outcomes in history subjects at SMAN 51 Jakarta. The research method used in this is an experimental method with the research design used is True Experimental with the form of Pretest-Posttest Kontrol Group Design. Through the analysis test using Kolmogrov – Smirnov Normality and Fisher Homogeneity Assumption Test (F Test), the data in this study have been shown to be normal and homogeneous. Furthermore, hypothesis testing uses T Test, especially Independent Sample T Test. The results of this study showed that based on the average known t-test - average pre - test class experiments of 54, 7692 and average - average post-test value of 68, 4103 so that increased by 13.6411. Also obtained P < 0.05 which means that there is an influence of the use of historical meme learning media on student learning outcomes, and there is a significant increase in the score of student learning outcomes of the experimental group. Then, after the test t in the post - test class Experiments and post - kontrol class test, it is known that the average learning results of the experimental class of 68.41 and the average learning results of the kontrol class of 54.05, so it can be concluded that the average learning results of the experimental class 14.16 is greater than the kontrol class. So the results of this study concluded that there is an influence in the use of historical Meme learning media on students' learning outcomes in history subjects at SMAN 51 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. M. Fakhruddin, M.Si. ; 2). Dr. Nurzengky Ibrahim, M.M.
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 10677 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 00:28
Last Modified: 10 Oct 2022 06:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16791

Actions (login required)

View Item View Item