Amy Arminadya Awani, . (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Cikini 02 Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (93kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (363kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (269kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (66kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (151kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (955kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (308kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Download (928kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Download (90kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (66kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN 1.pdf Download (134kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN 2.pdf Download (134kB) |
|
Text
20. LAMPIRAN 3.pdf Download (133kB) |
|
Text
21. LAMPIRAN 4.pdf Download (134kB) |
|
Text
22. LAMPIRAN 5.pdf Download (169kB) |
|
Text
26. LAMPIRAN 9.pdf Download (327kB) |
|
Text
27. LAMPIRAN 10.pdf Download (389kB) |
|
Text
29. LAMPIRAN 12.pdf Download (336kB) |
|
Text
30. LAMPIRAN 13.pdf Download (330kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain alat musik pianika menggunakan metode Tutor Sebaya pada siswa kelas V SDN Cikini 02 Jakarta Pusat. Subjek penelitian adalah siswa kelas V pada semester II tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 24 orang. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan & pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes praktik, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan data yang telah dikumpulkan yakni berupa hasil tes praktik dan hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan persentase pengamatan tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 70% dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Adapun rata-rata persentase peningkatan keterampilan bermain alat musik pianika menggunakan metode Tutor Sebaya pada pra siklus hanya mencapai 66,3%, pada siklus I mencapai 70,4% dan pada siklus II meningkat menjadi 84,4%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan bermain alat musik pianika siswa kelas V SDN Cikini 02 Jakarta Pusat dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Tutor Sebaya. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode Tutor Sebaya merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan bermain alat musik pianika siswa kelas V SDN Cikini 02 Jakarta Pusat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. Satrio, M.Pd. 2) Dra. Rosinar, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 11:05 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 11:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1687 |
Actions (login required)
View Item |