PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Cikini 02 Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat)

Amy Arminadya Awani, . (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Cikini 02 Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (269kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (955kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (308kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf

Download (928kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN 1.pdf

Download (134kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN 2.pdf

Download (134kB)
[img] Text
20. LAMPIRAN 3.pdf

Download (133kB)
[img] Text
21. LAMPIRAN 4.pdf

Download (134kB)
[img] Text
22. LAMPIRAN 5.pdf

Download (169kB)
[img] Text
26. LAMPIRAN 9.pdf

Download (327kB)
[img] Text
27. LAMPIRAN 10.pdf

Download (389kB)
[img] Text
29. LAMPIRAN 12.pdf

Download (336kB)
[img] Text
30. LAMPIRAN 13.pdf

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain alat musik pianika menggunakan metode Tutor Sebaya pada siswa kelas V SDN Cikini 02 Jakarta Pusat. Subjek penelitian adalah siswa kelas V pada semester II tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 24 orang. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan & pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes praktik, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan data yang telah dikumpulkan yakni berupa hasil tes praktik dan hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan persentase pengamatan tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 70% dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Adapun rata-rata persentase peningkatan keterampilan bermain alat musik pianika menggunakan metode Tutor Sebaya pada pra siklus hanya mencapai 66,3%, pada siklus I mencapai 70,4% dan pada siklus II meningkat menjadi 84,4%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan bermain alat musik pianika siswa kelas V SDN Cikini 02 Jakarta Pusat dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Tutor Sebaya. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode Tutor Sebaya merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan bermain alat musik pianika siswa kelas V SDN Cikini 02 Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Satrio, M.Pd. 2) Dra. Rosinar, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Nov 2019 11:05
Last Modified: 20 Nov 2019 11:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1687

Actions (login required)

View Item View Item