EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TASAWUF DALAM MENCAPAI KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL DI PONDOK PESANTREN FAJAR DUNIA BPGOR

DEVI KURNIATI, . (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TASAWUF DALAM MENCAPAI KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL DI PONDOK PESANTREN FAJAR DUNIA BPGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak: Dunia modern telah dilanda kekosongan spiritual. Kemajuan pesat dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan falsafat rasionalisme sejak abad ke-18 tidak mampu memenuhi kebutuhan manusia yang berhubungan dengan nilai-nilai transendental. Manusia tidak akan menikmati hidup jika tidak bisa menemukan makna hidup, dan makna hidup hanya bisa didapatkan jika manusia memiliki spiritualitas dalam dirinya. Tasawuf sebagai salah satu disiplin ilmu dalam agama Islam dapat menjawab permasalahan spiritualitas manusia modern saat ini. Namun, realitas yang ada menunjukkan bahwa terjadinya reduksi besar-besaran dalam praktik tasawuf. Ada yang terjebak pada praktiknya dan menganggap bahwa pembelajaran tasawuf hanya sekadar pengamalan zikir. Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga Pendidikan Islam yang masih menerapkan pembelajaran tasawuf secara jelas dalam kurikulumnya. Salah satu pesantren yang mengemuka dan menjadikan tasawuf sebagai agenda utama atau pembelajaran utama adalah Pondok Pesantren Fajar Dunia Bogor. Atas dasar itu tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis Efektivitas pembelajaran tasawuf dalam mencapai kecerdasan emosional dan spiritual di Pondok Pesantren Fajar Dunia Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data diperoleh dengan teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran tasawuf yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Fajar Dunia berjalan secara efektif. Hal ini dilihat dari: (1) Tercapainya tujuan pembelajaran tasawuf dalam mendidik dan membina akhlak santri, yang dilihat dari sebagian besar santri telah menerapkan nilai-nilai yang diharapkan pihak pesantren seperti: taat dalam beribadah dan aktif dalam berzikir, mengedepankan sikap berlemah lembut dan tidak melakukan kekerasan dalam menghadapi sesuatu, memiliki kerendahan hati (tidak sombong), selalu berpikiran positif, melakukan sesuatu tanpa pamrih, selalu menghargai waktu dan tidak menyia-nyiakan waktu; (2) Proses pengelolaan pembelajaran oleh guru dilaksanakan dengan baik yang dilihat dari guru menguasai materi dengan baik karena dapat menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh santri, media yang digunakan dapat menunjang pembelajaran, metode yang digunakan dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan pembelajaran berlangsung secara komunikatif; (3) Respons santri terhadap pembelajaran tasawuf yang dilakukan menunjukkan respons yang baik. serta (4) hasil belajar santri setelah mendapatkan pembelajaran tasawuf menunjukkan hasil yang sangat baik. Kata kunci: Tasawuf, Kecerdasan Emosional dan Spiritual, Pondok Pesantren Abstract: The modern world has been engulfed in a spiritual vacuum. The rapid advances in science, technology and the philosophy of rationalism since the 18th century have failed to fulfill the human needs related to transcendental values. Humans will not enjoy life if they cannot find the meaning of life, and the meaning of life can only be obtained if humans have spirituality within themselves. Sufism as one of the disciplines science in Islam can answer the spirituality problems of modern humans today. However, the existing reality shows that there has been a massive reduction in the practice of Sufism. Some are stuck in practice and think that learning Sufism is just the practice of zikr. Islamic boarding schools are one of the Islamic education institutions that still apply Sufism learning clearly in their curriculum. One of the pesantren that has emerged and made Sufism as the main agenda or main learning is Pondok Pesantren Fajar Dunia Bogor. Based on this case, the purpose of this study is to describe and analyze the effectiveness of Sufism learning in achieving emotional and spiritual intelligence at Pondok Pesantren Fajar Dunia Bogor. This study uses qualitative methods, data obtained by collecting techniques through observation, interviews and questionnaires. The invention in this study indicates that the Sufism learning carried out at the Fajar Dunia Islamic Boarding School runs effectively. This can be seen from: (1) The achievement of Sufism learning objectives in educating and fostering the morals of students, which is seen from the majority of students who have implemented the values expected by the pesantren, such as: being obedient in worship and active in dhikr, promoting a gentle attitude and not committing violence to face something, having humility (not being arrogant), always thinking positively, doing things selflessly, always respecting time and not wasting time; (2) The learning management process by the teacher is implemented well as seen from the teacher mastering the material well because it can deliver material in language that is easily understood by the students, the media used can attract students' attention, the method used can make learning fun and learning takes place communicatively; (3) the response of the students to Sufism learning that was carried out showed a good response; and (4) the learning outcomes of the students after receiving Sufism learning showed very good results. Keywords: Sufism, Emotional and Spiritual Intelligence, Islamic Boarding School

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sari Narulita, Lc., M.Si 2). Dr. Andy Hadiyanto, S.Pd., MA.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 10906 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 03:01
Last Modified: 24 Aug 2021 03:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17031

Actions (login required)

View Item View Item