ZULFA NURISMA, . (2016) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM SENI KERAJINAN KERTAS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN DUREN SAWIT 06 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Lembar Judul.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (595kB) |
|
Text
3. Lembar Abstrak.pdf Download (130kB) |
|
Text
4. Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (502kB) |
|
Text
5. Lembar Kata Pengantar.pdf Download (138kB) |
|
Text
6. Lembar Daftar Isi.pdf Download (219kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (305kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (338kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (721kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (92kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (191kB) |
|
Text
15. Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (94kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kreativitas siswa dalam seni kerajinan kertas melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN Duren Sawit 06 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Duren Sawit 06 Pagi Jakarta Timur pada semester I tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui hasil analisis pada proses berkarya dan hasil karya kerajinan kertas yang dilakukan siswa, hasil pengamatan tindakan guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual, catatan lapangan, dan hasil dokumentasi yang diambil pada saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas siswa dengan diterapkannya pendekatan kontekstual pada pembelajaran seni budaya dan keterampilan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data kreativitas siswa pada siklus I yaitu 56,67% meningkat pada siklus II mencapai 86,67%. Adapun persentase rata-rata data pemantau tindakan siklus I adalah 77,5% dan siklus II adalah 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam seni kerajinan kertas. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui pendekatan kontekstual dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV di SDN Duren Sawit 06 Pagi Jakarta Timur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sri Kawuryan H, M.Pd ; 2). Drs. Sujono Surokarijo, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 12:34 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 12:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1712 |
Actions (login required)
View Item |