PENGARUH PENGELOLAAN UANG SAKU DAN KEMUDAHAN MENGGUNAKAN E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA ONLINE

RIZKY LUSIANA, . (2021) PENGARUH PENGELOLAAN UANG SAKU DAN KEMUDAHAN MENGGUNAKAN E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA ONLINE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (901kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK* Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan uang saku dan kemudahan menggunakan e-commerce terhadap keputusan belanja online. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z berusia 18-24 tahun. Sebanyak 100 orang responden menjadi sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengukur dan mengungkap data penelitian dengan tepat, penelitian ini menggunakan tiga buah instrumen non-tes dalam mengumpulkan data. Instrumen keputusan belanja online, pengelolaan uang saku, dan kemudahan menggunakan ecommerce masing-masing secara berturut-turut memuat 57, 10, dan 17 item pernyataan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan uang saku terhadap keputusan belanja online,2) terdapat pengaruh signifikan antara kemudahan menggunakan e-commerce terhadap keputusan belanja online, dan 3) terdapat pengaruh bersama-sama yang signifikan antara pengelolaan uang saku dan kemudahan menggunakan ecommerce terhadap keputusan belanja online. Adanya kemudahan dalam penggunaan e-commerce, hendaknya masyarakat lebih mempertimbangkan kembali dalam melakukan pembelian secara online agar tidak terjadi pemborosan uang saku. Kata kunci: Pengelolaan uang saku, kemudahan menggunakan e-commerce, dan keputusan belanja online ABSTRACT* This study aims to determine the effect of pocket money management and the ease of using e-commerce on online shopping decisions. The population in this study was Generation Z aged 18-24 years. A total of 100 respondents were selected as samples using the purposive sampling technique. To measure and reveal research data appropriately, this study used three non-test instruments in collecting data. The online shopping decision instruments, pocket money management, and ease of using e-commerce each contain 57, 10, and 17 statement items, respectively. Data analysis used descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results show that 1) there is no significant effect between pocket money management on online shopping decisions, 2) there is a significant influence between the ease of using e-commerce on online shopping decisions, and 3) there is a jointly significant effect between pocket money management and the ease of using e-commerce on online shopping decisions. With the ease of using ecommerce, people should reconsider making online purchases to avoid wasting pocket money. Keywords: Management of pocket money, ease of using e-commerce, dan online shopping decisions

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Maya Oktaviani, M.Pd 2) Dr. Hamiyati, M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 11246 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 08:07
Last Modified: 24 Aug 2021 08:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17152

Actions (login required)

View Item View Item