PENGARUH NEGARA ASAL DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP NIAT BELI SAMSUNG SMARTPHONE

NADIA RIZKIANA, . (2021) PENGARUH NEGARA ASAL DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP NIAT BELI SAMSUNG SMARTPHONE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara negara asal dan pengetahuan produk terhadap niat beli Samsung Smartphone di wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 6 bulan sejak Januari 2021 hingga Juli 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden menggunakan Google Form. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif disertai dengan analisis data regresi linier sederhana. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat DKI Jakarta. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling sebanyak 200 responden. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan sebesar 0,200, maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Pada uji linieritas yang dilakukan dalam penelitian didapatkan hasil bahwa negara asal, pengetahuan produk dan niat beli memiliki nilai linieritas < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut linier. Pada uji regresi linier sederhana, didapatkan persamaan Ŷ = 10,431 + 0,640X dan Ŷ = 12,607 + 0,560X. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 7,815 dan ttabel = 1,652 dan Y atas X2 thitung = 11,663 dan ttabel =1,652. Nilai koefisien korelasi antara variabel negara asal (X1) terhadap niat beli (Y) sebesar 0,486 dan nilai koefisien korelasi antara variabel pengetahuan produk (X2) terhadap niat beli (Y) sebesar 0,638. Jadi, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara negara asal terhadap niat beli, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk terhadap niat beli. Koefisien determinasi Y atas X1 diperoleh sebesar 0,236 yang menunjukkan bahwa 23,6% variabel negara asal ditentukan oleh niat beli. Sementara itu, sisanya 76,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Dan koefisien determinasi Y atas X2 diperoleh sebesar 0,407 yang menunjukkan bahwa 40,7% variabel pengetahuan produk ditentukan oleh niat beli. Sementara itu, sisanya 59,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: negara asal, pengetahuan produk, niat beli The purpose of this study was to determine how the relationship between the country of origin and product knowledge on the purchase intention of Samsung Smartphone in the DKI Jakarta area. This research was conducted for approximately 6 months from January 2021 to July 2021. The research method used is a survey method by distributing questionnaires to respondents using Google Form. The data used in this study is quantitative data accompanied by simple linear regression data analysis. The population used in this study is the people of DKI Jakarta. In taking the sample used purposive sampling technique as many as 200 respondents. The analysis requirements test is the normality test with the Kolmogorov-Smirnov test with a significance level (α) = 5% or 0.05 and produces a significant level of 0.200, it can be said that the data is normally distributed. In the linearity test conducted in the study, the results showed that the country of origin, product knowledge and purchase intention had a linearity value <0.05 so it can be said that the results were linear. In a simple linear regression test, the equation Ŷ = 10,431 + 0,640X dan Ŷ = 12,607 + 0,560X. Next, the t-test was carried out and the resulting Y on X1 tcount = 7,815 and ttable = 1,652 and Y on X2 tcount = 11,663 and ttable =1,652. The correlation coefficient value between the country of origin variable (X1) and purchase intention (Y) is 0.486 and the correlation coefficient value between product knowledge variable (X2) and purchase intention (Y) is 0.638. So, there is a positive and significant effect between the country of origin on purchase intention, a positive and significant effect between product knowledge and purchase intention. The coefficient of determination of Y over X1 is 0.236 which indicates that 23.6% of the country of origin variable is determined by purchase intention. Meanwhile, the remaining 76.4% is influenced by other factors. And the coefficient of determination Y over X2 obtained is 0.407 which indicates that 40.7% of the product knowledge variable is determined by purchase intention. Meanwhile, the remaining 59.3% was influenced by other factors. Keywords: country of origin, product knowledge, purchase intention

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ryna Parlyna, M.B.A. ; 2). Nadya Fadillah Fidhyallah, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 10674 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 16:58
Last Modified: 26 Aug 2021 16:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17450

Actions (login required)

View Item View Item