Manajemen Pendidikan Islam Pada Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional (Studi Kasus RMBI MAN 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan).

Lutfa Istiana, . (2012) Manajemen Pendidikan Islam Pada Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional (Studi Kasus RMBI MAN 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB 1 HAL 1-14.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB 2 HAL 15-29.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 3 30-37.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 4 38-63.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB 5 64-65.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf

Download (958kB)
[img] Text
LEMBAR SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
MOTTO.pdf

Download (257kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan komponen manajemen pendidikan Islam yang diterapkan di RMBI MAN 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan dalam hal manajemen kurikulum, tenaga kependidikan, kesiswaan, sarana dan prasarana pendidikan, serta hubungan sekolah dan masyarakat yang ditinjau dari manajemen pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analisis melalui pengumpulan data studi pustaka dan studi lapangan (observasi,wawancara, dikumentasi). Sealin itu, penelitian ini juga menggunakan teori dari Henry Fayol mengenai unsur-unsur manajemen dan mengutip dari buku yang ditulis oleh Mochtar Effendi mengenai prinsip manajemen pendidikan Islam Dengan menggunakan teori dan metode di atas, penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pelaksanaan manajemen kurikulum dan manajemen sarana prasarana serta manajemen hubungan masyarakat di madrasah ini menjalankan manajemen yang terbuka, namun dalam pelaksanaan manajemen tenaga kependidikannya, menjalankan manajemen yang sedikit tertutup. Ditinjau dari manajemen pendidikan Islam, pelaksanaan komponen-komponen manjemen pendidikan di madrasah ini memiliki heterogenitas, karena juga belum maksimal menerapkan prinsip-prinsip manajemen pendidikan Islam, seperti menegakan kebenaran, dan menegakan keadilan. Sedangkan prinsip amar ma’ruf nahi munkar dan prinsip menyampaikan amanh sudah diterapkan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 21 Nov 2019 15:03
Last Modified: 21 Nov 2019 15:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1770

Actions (login required)

View Item View Item