MENIGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAFRASA PUISI MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF BENTUK GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS IV-A SD NEGERI MALAKA JAYA 05 JAKARTA TIMUR

AYU KARLINA, . (2018) MENIGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAFRASA PUISI MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF BENTUK GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS IV-A SD NEGERI MALAKA JAYA 05 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 Cover Ayu Karlina.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan Ayu Karlina.pdf

Download (380kB)
[img] Text
04 Pernyataan Keaslian Skripsi Ayu Karlina.pdf

Download (291kB)
[img] Text
08 Daftar Isi. Daftar Tabel, Daftar Grafik, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf

Download (449kB)
[img] Text
09 BAB I_Ayu Karlina.pdf

Download (133kB)
[img] Text
10 BAB II_Ayu Karlina.pdf

Download (427kB)
[img] Text
11 BAB III_Ayu Karlina.pdf

Download (313kB)
[img] Text
12 BAB IV_Ayu Karlina.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13 BAB V_Ayu Karlina.pdf

Download (221kB)
[img] Text
14 Daftar Pustaka_Ayu Karlina.pdf

Download (12kB)
[img] Text
15 Lampiran_Ayu Karlina.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis parafrasa puisi anak melalui penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif bentuk group investigation (GI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SD Negeri Malaka Jaya 05 Pagi dengan jumlah siswa 29 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Stephen Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi yang diimplementasikan dalam dua siklus penelitian. Pada tahap akhir, refleksi, hasil akan dipergunakan untuk menentukan rencana tindak lanjut. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun oleh peneliti yang bertindak sebagai guru dan berkolaborasi dengan guru kelas IV. Data yang dikumpulkan adalah hasil tes menulis parafrasa puisi pada pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif bentuk group investigation (GI) dapat meningkatkan keterampilan menulis parafrasa puisi anak pada siswa kelas IV. Pada siklus I, hasil observasi dari tindakan guru mencapai 71%, sedangkan aktivitas siswa mencapai 60%. Pada siklus II tindakan guru meningkat menjadi 90%, sedangkan aktivitas siswa meningkat menjadi 89%. Untuk keterampilan menulis parafrasa puisi, siswa yang memperoleh nilai ≥75 pada siklus I menunjukkan persentase 65,52% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,66%. Hasil tersebut menandakan bahwa penelitian yang dilakukan telah berhasil mencapai target yang ditentukan yaitu 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis parafrasa puisi dapat meningkat melalui penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif bentuk group investigation (GI).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Juhana Sakmal, M.Pd 2) Dra. Olga D. Pandeirot, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Nov 2019 10:23
Last Modified: 25 Nov 2019 10:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1807

Actions (login required)

View Item View Item