MODEL MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN NEARPOD (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMP ISLAM SOEDIRMAN JAKARTA)

INDAH DESIANA PUTRI, . (2021) MODEL MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN NEARPOD (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMP ISLAM SOEDIRMAN JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media evaluasi pembelajaran menggunakan Nearpod untuk siswa kelas VII di SMP Islam Soedirman Jakarta. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan berdasarkan pada Reiser & Mollenda dengan rumus ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Peneliti telah melaksanakan seluruh tahapan yang ada pada penelitian ini,yaitu dengan langkah: Analisis kebutuhan terhadap model media evaluasi pembelajaran menggunakan Nearpod, peneliti membagikan instrumen kebutuhan kepada siswa kelas VII dan mendapatkan respon dari 45 siswa menyatakan bahwa media evaluasi pembelajaran menggunakan Nearpod ini dibutuhkan. Dalam tahap perancangan dan pengembangan sebuah media evaluasi pembelajaran menggunakan Nearpod menyesuaikan dengan RPP dan Silabus. Kemudian, pada tahap penerapan, peneliti melakukan uji coba persepsi kepada siswa kelas VII di SMP Islam Soedirman Jakarta. Tahap terakhir adalah respon ahli dalam media evaluasi pembelajaran menggunakan Nearpod yang dikembangkan, peneliti membagikan instrumen penilaian kepada ahli media dan ahli materi untuk proses penilaian produk. Tingkat kelayakan Model media Evaluasi Pembelajaran menggunakan Nearpod berdasarkan penilaian: 1) Ahli media diperoleh nilai 4,3 dari skala 1-5 dalam katagori Sangat Layak, 2) ahli materi diperoleh nilai 4,7 dari skala 1-5 dalam katagori Sangat Layak dan memperoleh nilai rata – rata keseluruhannya mencapai 4,5 dari skala 1-5 dalam katagori Sangat Layak. Dengan demikian, maka media evaluasi pembelajaran menggunakan Nearpod efektif dan layak untuk digunakan dalam mengevaluasi pembelajaran Bahasa Arab pada kelas VII di SMP Islam Soedirman Jakarta. Kata kunci : Kosakata Bahasa Arab; Media Evaluasi Pembelajaran; Nearpod. ************* This study aims to develop learning evaluation media using Nearpod for seventh grade students at SMP Islam Soedirman Jakarta. Researchers used development research methods based on Reiser & Mollenda with the ADDIE formula (Analysis, Design, Development,Implementation,Evaluation). The researcher has carried out all the stages in this research, namely by following the steps: Analysis of the needs for the learning evaluation media model using Nearpod, the researcher distributed needs instruments to class VII students and got responses from 45 students stating that the learning evaluation media using Nearpod is needed. In the design and development stage of a learning evaluation media using Nearpod, it adapts to the lesson plans and syllabus.Then, at the implementation stage, the researcher conducted a perception test for seventh grade students at SMP Islam Soedirman Jakarta. The last stage is the response of experts in the learning evaluation media using Nearpod which was developed, researchers distributed assessment instruments to media experts and material experts for the product assessment process. The feasibility level of the Learning Evaluation media model using Nearpod based on the assessment: 1) Media experts obtained a score of 4.3 from a scale of 1-5 in the Very Eligible category, 2) material experts obtained a score of 4.7 from a scale of 1-5 in the Very Eligible category and obtained the overall average score is 4.5 from a scale of 1-5 in the Very Eligible category. Thus, the learning evaluation media using Nearpod is effective and feasible to use in evaluating Arabic learning in class VII at SMP Islam Soedirman Jakarta. Keywords: Arabic Vocabulary;Learning Evaluation;Nearpod.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. ; 2). Andri Ilham, S.S.,M.A.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 11220 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:51
Last Modified: 02 Sep 2021 06:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18152

Actions (login required)

View Item View Item