HESTIA RAHARTI, . (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 1 CIBUNGBULANG BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (115kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (64kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Hestia Raharti, Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Cibungbulang Bogor. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, tahun 2021. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana proses pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Cibungbulang Bogor, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada saat diterapkannya sistem pembelajaran jarak jauh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Cibungbulang Bogor, apa saja berbagai kendala dan solusi dari sistem pembelajaran jarak jauh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Cibungbulang Bogor, dan untuk mengetahui apakah sistem pembelajaran jarak jauh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Cibungbulang Bogor sudah berjalan efektif, sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat mencapai tujuannya. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan mix methods. Kemudian teknik yang digunakan dalam pengumpulan datanya yaitu berupa teknik survey dalam bentuk kuesioner dan teknik wawancara sebagai pelengkap data. Banyaknya jumlah sampel yang diteliti yaitu sebanyak 156 siswa kelas XII dan dua orang Guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Cibungbulang Bogor. Proses analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung rata-rata setiap persentase dari hasil pengukuran data pada setiap pernyataan kuesioner, kemudian dari hasil tersebut diinterpretasikan melalui tabel interval dan dianalisis kembali dengan menggunakan metode deskriptif. Begitu juga dengan data hasil wawancara dan data lainnya yang diperoleh peneliti, yaitu dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Penelitian ini memberikan hasil bahwa proses pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Cibungbulang Bogor sesuai dengan indikator teori efektivitas pembelajaran menurut Wotruba dan Wright, hasil belajar siswa yang memenuhi penilaian di atas KKM, dan kendala yang ada dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Cibungbulang Bogor dapat diatasi dengan baik karena telah menemukan solusinya. Selain dari hasil tersebut, diperoleh juga hasil kuesioner efektivitas pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Cibungbulang Bogor yaitu mencapai nilai 81% dan termasuk kedalam kategori sangat baik, karena setiap indikator pernyataan dalam kuesioner tersebut diperoleh rata-rata jawaban sangat sesuai dan sesuai dari siswa. Kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran Jarak Jauh, Pendidikan Agama Islam Hestia Raharti, Effectiveness of Distance Learning in PAI Subjects at SMAN 1 Cibungbulang Bogor. Thesis: Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2021. The purpose of this study is to analyze how the distance learning process in Islamic Religious Education subjects at SMAN 1 Cibungbulang Bogor, to find out how student learning outcomes are when the distance learning system is applied for Islamic Religious Education subjects at SMAN 1 Cibungbulang Bogor, what are various obstacles and solutions from the distance learning system for Islamic Religious Education subjects at SMAN 1 Cibungbulang Bogor, and to find out whether the distance learning system for Islamic Religious Education subjects at SMAN 1 Cibungbulang Bogor has been running effectively, so that the learning carried out can achieve its goals. The method used in this research is using mix methods. Then the technique used in data collection is in the form of survey techniques in the form of questionnaires and interview techniques as complementary data. The number of samples studied were 156 students of class XII and two teachers of Islamic education at SMAN 1 Cibungbulang Bogor. The data analysis process used is to calculate the average of each percentage of the data measurement results in each questionnaire statement, then the results are interpreted through interval tables and analyzed again using descriptive methods. Likewise with the data from interviews and other data obtained by researchers, which were analyzed using descriptive analysis methods. This study provides the results that the distance learning process in Islamic Religious Education subjects at SMAN 1 Cibungbulang Bogor is in accordance with the indicators of the theory of learning effectiveness according to Wotruba and Wright, student learning outcomes that meet the assessment above the KKM, and the obstacles that exist in distance learning at Islamic Religious Education subjects at SMAN 1 Cibungbulang Bogor can be handled well because they have found a solution. Apart from these results, the results of the questionnaire on the effectiveness of distance learning on Islamic Religious Education subjects at SMAN 1 Cibungbulang Bogor were also obtained, which reached a value of 81% and was included in the very good category, because each statement indicator in the questionnaire obtained an average answer that was very appropriate. and appropriate from students. Keywords: Effectiveness, Distance Learning, Islamic Religious Education
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1)Sari Narulita, Lc., M.Si. 2)Suci Nurpratiwi, M.Pd. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10879 not found. |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 02:40 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 02:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18317 |
Actions (login required)
View Item |