UPAYA PEMBINAAN KARAKTER ANAK JALANAN MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN TERPADU ANAK HARAPAN (DIKTERAPAN) DI PONDOK PESANTREN RAUDHOH AL AITAM JAKARTA UTARA

MOHAMAD ANGGA BLITARIO, . (2012) UPAYA PEMBINAAN KARAKTER ANAK JALANAN MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN TERPADU ANAK HARAPAN (DIKTERAPAN) DI PONDOK PESANTREN RAUDHOH AL AITAM JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Bografi Peneliti.pdf

Download (13kB)
[img] Text
COVER Skripsi Blitar.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Kerangka Skripsi All.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Pedoman wawancara baru.pdf

Download (3kB)
[img] Text
Profile Pondok Pesantren.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Wawancara M. Ulil Abshor.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Wawancara Siti Haryati.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Wawancara Ustadz Shoheh.pdf

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembinaaan karakter anak jalanan melalui Program Pendidikan Terpadu Anak Harapan (Dikterapan) di Pondok Pesantren Raudhoh Al Aitam Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik obeservasi. Untuk mendapatkan data tentang upaya pembinaan karakter anak jalanan dilakukan wawancara. Kemudian Mencatat yang menghasilkan catatan lapangan dalam kegiatan pembinaan, dengan hal itu diberi kode agar sumber datanya tetap dapat di telusuri. Sedangkan untuk mendapatkan data dengan mengumpulkan, memilah – milah, mengklasifikasikan, mensintesiskan, membuat ikhtisar, dan membuat indeksnya tentang Program Pendidikan Terpadu Anak Harapan (Dikterapan) di Pondok Pasantren Raudhoh Al Aitam. Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk kategori sangat baik dengan mendeskripsikan dan menganalisis yang mencakup upaya pembinaan karakter anak jalanan melalui Program Pendidikan Terpadu Anak Harapan (Dikterapan) di Pondok Pesantren Raudhoh Al Aitam Jakarta Utara. Dengan demikian, penulis berupaya untuk membuktikan dengan Teori Tiga Pilar Pendidikan Karakter Pondok Pesantren yaitu : 1) Percaya Diri, 2) Kreatif, 3) Pantang Menyerah. Dengan Teori Tiga Pilar Pendidikan Karakter Pondok Pesantren tersebut sangat efektif bagai anak, karena membuat diri mereka merasa senang dan nyaman dalam upaya pembinaan karakter anak jalanan melalui Program Pendidikan Terpadu Anak Harapan (Dikterapan) di Pondok Pesantren Raudhoh Al Aitam Jakarta Utara. Selanjutnya hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang upaya pembinaan karakter anak jalanan melalui Program Pendidikan Terpadu Anak Harapan (Dikterapan) di Pondok Pesantren Raudhoh Al Aitam Jakarta Utara, agar lebih ditingkatkan kembali dalam menerapkan Teori Tiga Pilar Pendidikan Karakter Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Syamdsudin, M.Ag 2.) Rihlah Nur Aulia, M.A
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 27 Nov 2019 09:51
Last Modified: 27 Nov 2019 09:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1894

Actions (login required)

View Item View Item