PENGARUH METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS 8 DI MTS NEGERI 25 JAKARTA

MIFTAH FAHRAENI, - (2021) PENGARUH METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS 8 DI MTS NEGERI 25 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di DI MTS Negeri 25 Jakarta Timur pada semester genap tahun ajaran 2020/2021, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Penggunaan Metode Pelatihan Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMAN 25 Jakarta Timur. Sampelnya adalah siswa kelas 8.1 yang merupakan Kelas Eksperimen dan Kelas 8.2 yang merupakan Kelas Kontrol. Dan jumlah mereka adalah 72 siswa, yang terbagi menjadi dua kelas yaitu 20 siswa untuk kelas eksperimen dan 20 siswa untuk kelas kontrol. Peneliti menggunakan metode Purposive Sampling. Alat yang digunakan adalah ujian akhir yang terdiri dari 20 soal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, sedangkan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas yang dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan = 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan Uji-F dengan nilai signifikansi 0,000 (p  0,05). Sehingga terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Jakarta Timur. Sedangkan hasil dari Uji-T diperoleh nilai signifikansi 0,000 (p  0,05). Dengan demikian hipotesis (H0) yang menyatakan tidak ada Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Jakarta Timur ditolak. Sedangkan hipotesis (H1) yang menyatakan ada Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Jakarta Timur diterima. Maka penggunaan Metode Drill pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab dapat meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab siswa. Kata kunci: metode pembelajaran; metode drill; pembelajaran Ketrampilan Menulis Bahasa arab. *********** This research was conducted at Junior High Islamic School 25 East Jakarta in the even semester of the 2020/2021 academic year, with the aim of finding out how the Effect of the Use of Training Methods on Improving the Arabic Writing skills in class 8 Students at Junior High Islamic School 25 East Jakarta. The method used in this research is the experimental method. The population in this research is all 8th grade students at Junior High Islamic School 25 East Jakarta. The sample is the students of class 8.1 which is the Experimental Class and Class 8.2 which is the Control Class. And their number is 72 students, and it is divided into two classes: 20 students for the experimental class and 20 students for the control class. The researcher uses the Purposive Sampling method. The tool used is a final exam consisting of 20 questions. Data collection techniques used in this study were tests, While the analysis requirements test used tests of normality and homogeneity, followed by hypothesis testing using T-test at significant level = 0.05. Based on the results of the analysis and discussion of the research data, the results of hypothesis testing using the F-test were obtained with a significance value of 0.000 (p  0,05). So that there is an effect of the use of training methods on improving the Arabic Writing skills in class 8 students at Junior High Islamic School 25 East Jakarta. While the results of the T-test obtained a significance value of 0.000 (p  0,05). Thus, the hypothesis (H0) which states that there is no effect of the use of training methods on improving the Arabic Writing skills in class 8 students at Junior High Islamic School 25 East Jakarta is rejected. While the hypothesis (H1) which states that there is an effect of the use of training methods on improving the Arabic Writing skills in class 8 students at Junior High Islamic School 25 East Jakarta is accepted. So the use of the Practice Method in Teaching Arabic Writing Skills can improve students' understanding in learning Arabic Writing Skills. Keywords: learning method; Drill method; learning Arabic Writing Skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mohammad Sarip, M.A ; 2). Dr. Chakam Failasuf, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 11078 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:21
Last Modified: 13 Jun 2022 07:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20322

Actions (login required)

View Item View Item