Kesantunan dalam Interaksi Kelas di SMA Labschool Jakarta

Faizal Danny Sasetya, . (2019) Kesantunan dalam Interaksi Kelas di SMA Labschool Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (99kB)
[img] Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRAC.pdf

Download (10kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (159kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi tentang kesantunan yang digunakan dalam interaksi kelas di SMA Labschool Jakarta yang dilakukan sejak bulan Mei hingga bulan Agustus 2019. Fokus Penelitian ini menganalisis kesantunan dalan interaksi kelas di SMA Labschool Jakarta. Metode penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Dalam penelitian ini, didapatkan data 212 bentuk kesantunan. Pada data 1 yang diambil tanggal 1 Agustus 2019, terjadi sebanyak 103 pasangan ujaran interaksi kelas. Dari 103 pasangan ujaran tersebut, terjadi sebanyak 2 ujaran yang mengandung maksim kebijaksanaan. 4 pasang ujaran mengandung maksim kedermawanan, 1 pasang ujaran mengandung maksim penghargaan, 9 pasangan ujaran mengandung maksim kesederhanaan, 42 pasang ujaran mengandung maksim permufakatan, dan 10 pasangan ujaran termasuk ke dalam maksim simpati. Sedangkan dalam skala kesantunan, pada data 1, terdapat 43 pasangan ujaran yang termasuk ke skala kerugian dan keuntungan, 7 pasangan ujaran yang termasuk ke skala pilihan, 7 pasangan ujaran yang termasuk ke dalam skala ketidaklangsungan, 1 pasangan ujaran yang termasuk ke dalam skala otoritas, dan 3 pasangan ujaran yang termasuk ke skala jarak sosial. Pada data 2 yang diambil tanggal 2 Agustus 2019, terjadi setidaknya 109 pasangan ujaran interaksi kelas. Dari 109 pasangan ujaran tersebut, terdiri atas 4 pasangan ujaran yang mengandung maksim kebijaksanaan. 3 pasangan ujaran yang mengandung maksim kedermawanan, 7 pasangan ujaran yang mengandung maksim penghargaan, 8 pasangan ujaran yang mengandung maksim kesederhanaan, 44 pasangan ujaran yang mengandung maksim permufakatan, dan 7 pasangan ujaran yang mengandung maksim simpati.Sementara itu jika dilihat dari peringkat kesantunan atau skala kesantunan, terdapat 51 pasangan ujaran yang termasuk skala kerugian atau keuntungan. 10 pasangan ujaran yang termasuk ke dalam skala pilihan, 4 pasangan ujaran yang termasuk skala ketidaklangsungan, 6 pasangan yang termasuk ke dalam skala otoritas, dan 2 pasangan ujaran yang termasuk skala jarak sosial. Penelitian ini diimplikasikan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia dalam mencari gagasan utama dalam teks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd ; 2). N. Lia Marliana, M. Phil.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2021 23:27
Last Modified: 20 Dec 2021 23:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21902

Actions (login required)

View Item View Item