PENGGUNAAN VIDEO SCRIBE UNTUK PEMBELAJARAN PENGELOLAAN KOMUNIKASI PRIVASI (COMMUNICATION PRIVACY MANAGEMENT) DI SMAN 20 JAKARTA

Fitria Nur Arifiani, . (2018) PENGGUNAAN VIDEO SCRIBE UNTUK PEMBELAJARAN PENGELOLAAN KOMUNIKASI PRIVASI (COMMUNICATION PRIVACY MANAGEMENT) DI SMAN 20 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (119kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text
4. LEMBAR KEASLIAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (410kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (309kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (289kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (383kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf

Download (94kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video scribe pengelolaan komunikasi privasi yang ditujukan untuk peserta didik di SMAN 20 Jakarta. Sampel pada penelitian sebanyak 229 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Alat pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Video scribe terdiri dari 2 video yang memiliki 3 bagian. Video 1 berisikan tentang dampak yang terjadi dari pengelolaan komunikasi privasi yang tidak baik, perasaan yang dialami, dan bagian 1 mengenai aturan pribadi, yang terdiri dari 5 kriteria yaitu budaya, gender, motivasi, kontekstual, dan rasio resiko-keuntungan. Video 2 berisikan tentang bagian 2 dan bagian 3. Bagian 2 mengenai pengelolaan batas, yang terdiri dari 4 kriteria yaitu hubungan batas, kepemilikan batas, kemampuan batas, dan pola koordinasi kolektif. Bagian 3 mengenai pergolakan karena respon yang diinginkan tidak sesuai. Setiap kriteria menjelaskan aturan dan batasan yang perlu diperhatikan dalam mengungkapkan informasi privasi kepada orang lain. Hasil evaluasi formatif yang dilakukan oleh ahli media 90%, ahli materi 78%, minat peserta didik 85%, dan tingkat pemahaman peserta didik 90%. Hasil dari penilaian tersebut, pengembangan video scribe mengenai pengelolaan komunikasi privasi berada dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hilma Fitriyani, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Dec 2019 14:23
Last Modified: 09 Dec 2019 14:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item