Fitria Nur Arifiani, . (2018) PENGGUNAAN VIDEO SCRIBE UNTUK PEMBELAJARAN PENGELOLAAN KOMUNIKASI PRIVASI (COMMUNICATION PRIVACY MANAGEMENT) DI SMAN 20 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (119kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (333kB) |
|
Text
4. LEMBAR KEASLIAN.pdf Download (300kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (410kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (309kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (289kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (383kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Download (94kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video scribe pengelolaan komunikasi privasi yang ditujukan untuk peserta didik di SMAN 20 Jakarta. Sampel pada penelitian sebanyak 229 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Alat pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Video scribe terdiri dari 2 video yang memiliki 3 bagian. Video 1 berisikan tentang dampak yang terjadi dari pengelolaan komunikasi privasi yang tidak baik, perasaan yang dialami, dan bagian 1 mengenai aturan pribadi, yang terdiri dari 5 kriteria yaitu budaya, gender, motivasi, kontekstual, dan rasio resiko-keuntungan. Video 2 berisikan tentang bagian 2 dan bagian 3. Bagian 2 mengenai pengelolaan batas, yang terdiri dari 4 kriteria yaitu hubungan batas, kepemilikan batas, kemampuan batas, dan pola koordinasi kolektif. Bagian 3 mengenai pergolakan karena respon yang diinginkan tidak sesuai. Setiap kriteria menjelaskan aturan dan batasan yang perlu diperhatikan dalam mengungkapkan informasi privasi kepada orang lain. Hasil evaluasi formatif yang dilakukan oleh ahli media 90%, ahli materi 78%, minat peserta didik 85%, dan tingkat pemahaman peserta didik 90%. Hasil dari penilaian tersebut, pengembangan video scribe mengenai pengelolaan komunikasi privasi berada dalam kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Hilma Fitriyani, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 14:23 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 14:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2198 |
Actions (login required)
View Item |