Misbahul Falah, . (2019) Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 4 Jakarta (Kajian Etnografi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (298kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (416kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (5MB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (264kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR, MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (241kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (306kB) |
|
Text
7. Bab 1.pdf Download (399kB) |
|
Text
8. Bab 2.pdf Download (595kB) |
|
Text
9. Bab 3.pdf Download (477kB) |
|
Text
10. Bab 4.pdf Download (496kB) |
|
Text
11. Bab 5.pdf Download (383kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (511kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pembelajaran bahasa Arab di MAN 4 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Dan penelitian dimulai dari tanggal 7 Agustus - 4 Desember 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di MAN 4 Jakarta berjalan dengan baik dan positif, baik dari segi tujuan pembelajan, materi pembelajaran, metode pembelajaran, maupun kegiatan evaluasi pembelajaran. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 yang mengacu pada kurikulum Kementrian Agama Republik Indonesia. Tujuan pembelajaran bahasa Arab di MAN 4 Jakarta adalah mempersiapkan siswa agar dapat menguasai 4 keterampilan berbahasa agar mudah dalam memahami pelajaran-pelajaran serta juga agar siswa dapat memahami bacaan mereka ketika melaksanakan ibadah. Adapun materi pembelajaran bersumber dari buku "Bahasa Arab, Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013" yang diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah, Kementrian Agama. Dan materi pembelajaran untuk Program Bahasa Arab Khusus, buku yang digunakan adalah buku Al - Arobiyyah Al - Mu’ashiroh. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode langsung, metode membaca, metode gramatikal terjemah, dan metode kooperatif. Media pembelajaran yang diberikan kepada siswa berupa media visual yaitu papan tulis, buku paket, LCD Proyektor, serta media pembelajaran berbasis komputer dan mobile. ل Sedangkan evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan pengajar di MAN 4 Jakarta berbentuk Evaluasi tertulis yang dilakukan ketika sebelum pelajaran akan dimulai ataupun ketika pelajaran telah selesai. Dalam hal ini guru juga mengadakan ujian atau tes akhir seperti yang dilakukan pada sekolah - sekolah pada umumnya. Dan untuk Penilaian Akhir Semester (PAS) guru menggunakan aplikasi Google Classroom sebagai medianya
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Aceng Rahmat M.Pd ; 2). Fatwa Arifah M.A.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 08:19 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 07:17 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22023 |
Actions (login required)
View Item |