PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X IPS 1 SMAN 85 JAKARTA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas)

NADYA FERLINTINA SYAFITRI, . (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X IPS 1 SMAN 85 JAKARTA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (121kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB)
[img] Text
08. DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
12. A. BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
12. B. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
12. C. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
12. D. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12. E. BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian Tindakan ini bertujuan meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis bahasa Prancis siswa kelas X IPS 1 SMAN 85 Jakarta melalui model Pembelajaran Complete Sentence. Penelitian ini berlangsung dari bulan Maret hingga bulan Mei 2018 dan dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. PTK ini diawali dengan kegiatan observasi kelas dan pemberian pre-test kepada siswa. Nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Prancis yang diperoleh siswa pada pre-test adalah 60. Nilai tersebut belum mencapai KKM bahasa Prancis, oleh sebab itu diadakan tindakan perbaikan pada siklus I. Proses pembelajaran pada siklus I sudah berjalan sesuai kegiatan pembelajaran yang direncanakan. Namun, siswa masih belum memahami perintah yang diberikan ketika mengerjakan tugas siswa belum mampu mengerjakan tugasnya secara individu, masih ada beberapa siswa yang mengerjakan bersama temannya. Selain itu guru masih kesulitan mengelola kelas dalam kegiatan pembelajaran. Nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Prancis yang dicapai siswa pada siklus I adalah 70, nilai tersebut masih dibawah nilai KKM bahasa Prancis yakni 75. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus II berjalan lebih baik dari siklus I. Siswa sudah terbiasa dengan model pembelajaran Complete Sentence dan siswa juga sudah mampu memahami materi pembelajaran dengan baik sehingga siswa tidak lagi mengalami kesulitan dalam memahami perintah tugas. Terlebih, siswa juga sudah mengerjakan tugasnya dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kemampuan tata bahasa Prancis siswa pada akhir siklus II telah mencapai KKM yakni 88 dengan persentase ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil kedua post-test yang telah dilaksanakan selama dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan menulis bahasa Prancis siswa kelas X IPS 1 SMAN 85 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:02
Last Modified: 10 Nov 2022 08:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22116

Actions (login required)

View Item View Item