STRATEGI PEMBELAJARAN TARI SEKAPUR SIRIH DI SANGGAR MONALISA TAMAN BUDAYA JAMBI

Shavira Dwita Kusumawati, . (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN TARI SEKAPUR SIRIH DI SANGGAR MONALISA TAMAN BUDAYA JAMBI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (37kB)
[img] Text
5. LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR fix.pdf

Download (157kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISIiiiiii.pdf

Download (94kB)
[img] Text
bab 1 new.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text
BAB III new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang bagaimana strategi pembelajaran Tari Sekapur Sirih di Sanggar Monalisa Taman Budaya Jambi. Penelitian dilakukan pada bulan September-Desember 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka, guna memperoleh data yang akurat. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Kriteria analisis data menggunakan teknik meningkatkan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran pada Tari Sekapur Sirih yang dilakukan oleh pendidik di Sanggar Monalisa pada langkah awal pertemuan, pendidik memberikan tes kemampuan awal peserta didik. Pendidik akan memberikan seluruh motif gerak Tari Sekapur Sirih dengan cara demonstrasi dan meminta peserta didik menirukan atau mengimitasi gerakan yang telah diberikan oleh pendidik. Evaluasi yang diberikan pendidik dalam pelaksanaan Pembelajaran Tari Sekapur Sirih berbentuk tes penampilan keseluruhan gerak Tari Sekapur Sirih. Evaluasi dilaksanakan secara berkelompok namun penilaian individu. Pembelajaran Tari Sekapur Sirih memberikan dampak yang positif terhadap peserta didik sehingga peserta didik menjadi pribadi yang lebih percaya diri, tidak malu bertanya, dan berani tampil di depan orang lain. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi mereka secara kepribadian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rahmida Setiawati, M.M ; 2). Tuteng Suwandi, S.Kar, M.Pd
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:48
Last Modified: 24 Jan 2022 03:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22209

Actions (login required)

View Item View Item