PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MENULIS BAHASA PRANCIS KELAS XI IPS 3 SMA KSATRYA JAKARTA

SITI MULIA MEIYANA SARI, . (2019) PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MENULIS BAHASA PRANCIS KELAS XI IPS 3 SMA KSATRYA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
02. Abstrak & Abstract.pdf

Download (90kB)
[img] Text
03. Lembar Persetujuan 1.pdf

Download (309kB)
[img] Text
04.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text
05. Lembar Pernyataan 1.pdf

Download (383kB)
[img] Text
06. Lembar Pernyataan 2.pdf

Download (518kB)
[img] Text
07. Kata Pengantar, Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf

Download (103kB)
[img] Text
08. BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB)

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah media audiovisual yang merupakan media berupa video. Media audiovisual digunakan untuk tercapainya tujuan pembelajaran kemampuan menulis bahasa Prancis. Selama proses pembelajaran, video menjadi sumber materi yang digunakan siswa agar pembelajaran berjalan dengan baik. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung mulai dari Agustus-November 2018 yang terbagi dalam dua siklus dan dua pertemuan setiap siklusnya. Penelitian tindakan kelas dimulai dengan observasi siswa di kelas dan melaksanakan pre-test kepada siswa dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan menulis siswa dan sebelum tindakan dilaksanakan. Proses pembelajaran selama siklus 1 sudah berjalan sesuai dengan perencanaan. Namun, saat kegiatan belajar berlangsung masih terdapat kekurangan yang ada pada siswa seperti: siswa tidak aktif di kelas, siswa belum menguasai materi secara baik dan siswa belum mampu membuat kalimat sederhana dalam Bahasa Prancis karena masih ada kesalahan dalam menulis. Hasil rata-rata menulis siswa pada post-test 1 siklus 1 adalah, 70,53. Proses pembelajaran pada siklus 2 telah berjalan lebih baik. Siswa sudah aktif di kelas, siswa telah menguasai materi secara benar dan siswa mampu membuat kalimat sederhana dalam bahasa prancis. Berdasarkan pengamatan pada post-test 2 siklus 2 peneliti jarang menemukan kesalahan pada siswa ketika menulis. Selain itu, berdasarkan hasil post-test 2 siklus 2 telah menunjukan bahwa hasil rata-rata menulis siswa telah mencapai 81,43. Berdasarkan hasil rata-rata post-test selama tindakan pada siklus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menulis siswa dapat meningkat dengan penggunaan media audiovisual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Ratna S.Pd, M.Hum
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:08
Last Modified: 04 Nov 2022 01:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22219

Actions (login required)

View Item View Item