PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB di MTsN 1 JAKARTA

Suci Tazkiah, . (2019) PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB di MTsN 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (787kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (683kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 01 Jakarta pada bulan Maret-Mei 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai pendidikan karakter peduli yang dilaksanakan oleh guru, siswa, dan guru Bimbingan Konseling sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada kelas VIII MTsN 01 Jakarta. Pengumpulan datanya adalah melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumen. Infrorman penelitian yang terdiri dari guru Bahasa Arab, guru Bimbingan Konseling, dan siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sub fokus 1) Nilai peduli di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab, 2) Penerapan nilai peduli dalam pembelajaran Bahasa Arab, 3) Penerapan nilai peduli di luar pembelajaran atau diluar kelas. Di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 tingkat Sekolah Menengah Pertama terdapat kompetensi inti sosial atau yang disebut KI II yang meliputi nilai sosial, yaitu jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi dan gotong royong), santun, dan percaya diri. dan peneliti hanya memfokuskan pada nilai peduli (toleransi dan gotong royong). Berdasarkan analisis penelitian diperoleh hasil seperti berikut : Pertama, nilai peduli di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab. Guru sudah memasukan nilai pendidikan karakter kedalam rencana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab, termasuk nilai peduli (Toleransi dan Gotong Royong). Dan yang melandasi guru untuk memasukan nilai�nilai tersebut yaitu mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah melalui kurikulum 2013. Kedua, penerapan nilai peduli di dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penerapan nilai peduli di dalam kelas telah dilakukan guru dengan cara memberi teladan yang baik, melakukan pembiasaan yang baik, menegur siswa dengan cara memberikan nasihat yang baik. Ketiga, penarapan nilai peduli di luar pembelajar atau diluar kelas. Penerapan nilai peduli di luar pembelajar atau diluar kelas ini dilakukan dengan dua cara, yaitu terprogram dan tidak terprogram. Terprogram yaitu kegiatan bimbingan konseling agar pendidik mengetahui permasalahan yang dihadapi murid. Tidak Terprogram dibagi menjadi 3 cara, yaitu pembiaasaan keteladanan dengan mencerminkan penerapan sikap yang baik, pembiasaan rutin, dan pembiasaan spontan yang mana penerapan ini tidak dilakukan guru dengan cara ceramah, melainkan dengan kegiatan langsung. Nilai toleransi yang sudah diterapkan oleh siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab diantaranya, siswa tidak mengganggu teman-temannya yang berbeda pendapat ketika pembelajaran Bahasa Arab, dan siswa dapat menerima kesepakatan teman-temannya walau kesepakatan itu berbeda dengan pendapatnya dan menghargai pendapat satu sama lain. Nilai gotong-royong yang sudah diterapkan oleh siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab diantaranya siswa siap membantu temannya yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran Bahasa Arab, dan saya memotivasi teman untuk bekerjasama demi mencapai tujuan bersama dalam pembelajaran Bahasa Arab. Nilai peduli yang belum diterapkan oleh siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah siswa tidak belajar dan tidak mengulang materi Bahasa Arab dirumah, dan siswa tidak mengerjakan ujian Bahasa Arab dengan kemampuan mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd ; 2). Fatwa Arifah, MA.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 24 Jan 2022 10:16
Last Modified: 24 Jan 2022 10:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22228

Actions (login required)

View Item View Item