FAIZ, . (2022) STRATEGI PEMASARAN WISATA ALAM KEBUN RAYA CIBODAS BOGOR JAWA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (396kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (497kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kebun Raya Cibodas Bogor masih kurang efektif dalam menggunakan media sosial karena pengelola kurang aktif untuk memposting segala kegiatan yang ada di Kebun Raya Cibodas Bogor. Keadaan tersebut merupakan masalah strategi pemasaran yang dihadapi oleh pengelola Kebun Raya Cibodas Bogor. Sehingga masih banyak masyarakat Indonesia belum mengetahui adanya obyek wisata alam yang bagus untuk rekreasi maupun pendidikan yang ada di Bogor.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah manajemen pemasaran Kebun Raya Cibodas dengan marketing mix (bauran pemasaran) yaitu 4p (product-produk, price-harga, promotion-promosi, place-tempat). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode kualitatif yang dimana melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengambilan hasil penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model miles dan huberman. Penelitian ini melibatkan manajer, pegawai dan pengunjung Kebun Raya Cibodas untuk di wawancarai. Hasil dari penelitian ini (1) Kebun Raya Cibodas menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix (price-harga, place-tempat, product-produk, dan promotion-promosi).(2) Kebun Raya Cibodas telah melakukan beberapa cara seperti mempromosikan dengan cara melalui media sosial dan door to door ke berbagai sekolah, menentukan harga tiket dari segi fasilitas sarana dan prasarana yang diberikan pengunjung dan data pengunjung tiap bulannya.selalu menjaga kebersihan tempat agar pengunjung nyaman saat berkeliling tempat Kebun Raya Cibodas dan pengunjung dapat mendokumentasikan setiap kegiatan yang ada di Kebun Raya Cibodas, memberikan fasilitas yang membuat pengunjung tidak hanya datang dan melihat kawasan Kebun Raya Cibodas ini tetapi pengunjung dapat belajar tentang flora yang ada di Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya Cibodas memiliki beranekaragam tumbuh-tumbuhan serta terdapat tumbuhan langka di Kebun Raya Cibodas dan banyak fasilitas. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Kebun Raya Cibodas Cibodas Bogor Botanical Gardens are still less effective in using social media because managers are less active in posting all activities in Cibodas Bogor Botanical Gardens. This situation is a marketing strategy problem faced by the manager of the Bogor Botanical Gardens. So that there are still many Indonesian people who do not know about the existence of natural tourism objects that are good for recreation and education in Bogor. This study aims to find out how the marketing management of Cibodas Botanical Gardens is with the marketing mix, namely 4p (products, prices). , promotions, places). Data collection techniques using qualitative methods which conduct observations, interviews, and documentation for the retrieval of research results. The data analysis technique in this study uses the Miles and Huberman models. This study involved managers, employees and visitors to the Cibodas Botanical Gardens to be interviewed. The results of this study (1) Cibodas Botanical Gardens use a marketing mix (price-price, place-place, product-products, and promotions). (2) Cibodas Botanical Gardens have done several ways such as promoting through social media and door to door to various schools, determine ticket prices in terms of facilities and infrastructure provided by visitors and visitor data every month. Always keep the place clean so that visitors are comfortable when walking around the Cibodas Botanical Gardens and visitors can document every activity in the area. Cibodas Botanical Gardens, provides facilities that make visitors not only come and see the Cibodas Botanical Gardens area, but visitors can learn about the flora in the Cibodas Botanical Gardens. Cibodas Botanical Gardens has a variety of plants and there are rare plants in the Cibodas Botanical Gardens and many facilities. Keyword : Marketing mix, Cibodas Botanical Garden
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Zulham, M.Si. 2). Dr. Hernawan, S.E, M.Pd. |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FIO > Olahraga Rekreasi |
Depositing User: | Users 13271 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2022 04:40 |
Last Modified: | 27 Feb 2022 04:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22723 |
Actions (login required)
View Item |