PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CIKINI 02 JAKARTA PUSAT

IDA RAPIDA, . (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CIKINI 02 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (47kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (448kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7,8,9,10. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text
11. SKRIPSI BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
11. SKRIPSI BAB II.pdf

Download (615kB)
[img] Text
11. SKRIPSI BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
11. SKRIPSI BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. SKRIPSI BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN DAFTAR SKOR.pdf

Download (616kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (670kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan keterampilan bermain alat musik pianika peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Sasaran dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Cikini 02 Jakarta Pusat tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2018. Penelitian dilaksanakan ke dalam dua siklus, setelah sebelumnya dilaksanakan pra siklus untuk melihat kemampuan awal peserta didik. Pada pra siklus, 8 (30,77%) dari 26 peserta didik mendapat nilai ≥75. Setelah diterapkan model Direct Instruction pada siklus I, 17 (65,38%) dari 26 peserta didik mendapat nilai ≥75. Pada siklus II, 24 (92,31%) dari 26 peserta didik mendapat nilai ≥75. Hasil penilaian keterampilan bermain alat musik pianika pada siklus II telah melebihi target keberhasilan yakni 80% dari jumlah keseluruhan peserta didik mendapat nilai ≥75. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase keberhasilan pembelajaran selama pelaksanaan penelitian dari tahap pra-siklus sampai siklus II sebesar 57,69%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Direct Instruction dapat meningkatkan keterampilan bermain alat musik pianika pada peserta didik kelas VI SDN Cikini 02 Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Satrio, M.Pd 2) Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Dec 2019 14:39
Last Modified: 16 Dec 2019 14:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2332

Actions (login required)

View Item View Item