PENGEMBANGAN MODUL PKN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS V SD

Istiqomah Nurul Arfah, . (2018) PENGEMBANGAN MODUL PKN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (19kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (295kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
a. BAB 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
b. BAB 2.pdf

Download (396kB)
[img] Text
c. BAB 3.pdf

Download (273kB)
[img] Text
d. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
e. BAB 5.pdf

Download (198kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN 10 INSTRUMEN SMALL GROUP&FIELD TEST.pdf

Download (90kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN 12 ISIAN INSTRUMEN AHLI MATERI-output.pdf

Download (299kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN 13 ISIAN INSTRUMEN AHLI BAHASA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN 14 ISIAN INSTRUMEN AHLI MEDIA.pdf

Download (481kB)
[img] Text
21. LAMPIRAN 22 HASIL REKAP FIELD TEST.pdf

Download (172kB)
[img] Text
22. LAMPIRAN 23 SOAL PRE&POST TEST.pdf

Download (52kB)
[img] Text
23. LAMPIRAN 24 HASIL REKAP KENAIKAN NILAI PRE&POST TEST.pdf

Download (222kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan modul PKn berbasis pendidikan karakter untuk siswa kelas V SD pada materi peraturan perundang-undangan. Responden dalam pengembangan ini meliputi satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, satu dosen ahli materi, peserta didik kelas V sebanyak 9 orang dari SDN Karet 06 Pagi dan 23 orang dari SDN Karet 05 Pagi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan evaluasi formatif meliputi tahap uji ahli, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji pelaksanaan lapangan. Pada tahap uji ahli, untuk validasi materi produk memperoleh persentase 94%, untuk validasi bahasa memperoleh 95%, dan untuk validasi media memperoleh 86%. Sehingga hasil rata-rata persentase uji ahli memperoleh 92%. Berdasarkan hasil analisis data pada evaluasi formatif siswa diperoleh hasilnya, yaitu one to one dilakukan dengan wawancara, small group 96%, dan field test memperoleh hasil 88%, serta hasil uji keefektifan produk mengalami peningkatan nilai sebesar 29,57. Oleh karena itu, modul PKn berbasis Pendidikan Karakter untuk siswa kelas V SD dengan materi peraturan perundang-undangan memperoleh kriteria sangat baik, efektif dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd 2) Dr. Ir.Arita Marini, ME
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Dec 2019 09:42
Last Modified: 19 Dec 2019 09:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2397

Actions (login required)

View Item View Item