AHMAD IMAM MAULANA, . (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE BAMBOO DANCING DI KELAS V SDN PASAR MANGGIS 01 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (14kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI(1).pdf Download (351kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (20kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (20kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (635kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (596kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (42kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (25kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (251kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (233kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (865kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (28kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dengan menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing pada siswa kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I, persentase siswa yang mencapai nilai hasil belajar ≥62 sebesar 71%. Sehingga, hasil tersebut belum memenuhi target penelitian yang sebesar 85 % dan penelitian harus berlanjut pada siklus II. Pada siklus II, persentase siswa yang mencapai nilai hasil belajar ≥62 meningkat menjadi 89 %. Dengan demikian, data hasil belajar pada siklus II telah mencapai target dan penelitian dapat dihentikan disiklus II ini. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan, khususnya pada materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan. This Class Action Research aims to improve learning outcomes of social studies about The Struggle to Maintain The Independence by using Bamboo Dancing Method (The Type Of Cooperative Learning) to the fifth grader at SDN Pasar Manggis 01 Pagi, South Jakarta. Based on the results obtained from the data in the first cycle of research, the percentage of students who achieve the learning outcomes above ≥62 amounted to 71%. Therefore the research continued in the second cycle of research. In the second cycle, the percentage of students who achieve the learning outcomes ≥62 increased to 89%. Due to data result of learning in the second cycle has reached the target, then the research stopped in the second cycle. Thus it could be conclude that obtained from this study is the use Bamboo Dancing Method in learning could improve learning outcomes on social studies about The Struggle to Maintain The Independence in the fourth grader of SDN Pasar Mangis 01 Pagi, South Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Ajat Sudrajat, M.Pd. 2). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 06:04 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 06:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25175 |
Actions (login required)
View Item |