MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI ACTIVE LEARNING MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VB SEKOLAH DASAR NEGERI MENTENG ATAS 05 PAGI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN.

AMARTYA NUR’ASHILA AUDINA, . (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI ACTIVE LEARNING MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VB SEKOLAH DASAR NEGERI MENTENG ATAS 05 PAGI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (177kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
4.surat pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (436kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (360kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (715kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (242kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (687kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan Active Learning Model Everyone is A Teacher Here. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Menteng Atas 05 Pagi berjumlah 33 siswa, yang terdiri 16 siswa perempuan dan 17 siswa laki - laki. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan model Kemmis & Mc Taggart berbentuk spiral. Penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, obervasi, dan refleksi. Pada siklus I penilaian pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa hanya mencapai 88.3%. Pada siklus II penilaian pemantau tindakan mengalami peningkatan aktivitas guru menjadi 93.3% dan aktivitas siswa menjadi 91.7%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa siklus I yang hanya mencapai 69.7% dari jumlah siswa keseluruhan. Peningkatan pada siklus II sebesar 18.2% menjadi 89.7% dari jumlah keseluruhan siswa. Implikasi pada penelitian ini adalah bahwa Active Learning Model Everyone is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. The aims this Action Research of class to improve results learning of Social Sciences by using Active Learning Model Everyone is A Teacher Here. The respondence of this study are students of VB grade SDN Menteng Atas 05 Pagi totaling 33 students, consisting of 16 female students and 17 male students. This research uses the action research Model Kemmis & Mc Taggart spiral. This research was conducted in two cycles with stages of planning, action, observation, and reflection. In the first cycle, the assessment of action monitoring of teacher and student activity only reached 88.3%. In second cycle the assessment of action monitoring increased teacher activity to 93.3% and student activity became 91.7%. The increase also occurred in the students' learning results 1st cycle which only reached 69.7% of the total students. The increase in 2nd cycle was 18.2% to 89.7% of the total number of students. The implication of this research is that Active Learning Model Everyone is A Teacher Here can improve students’ Social Sciences learning results.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, M.Pd 2). Dra. Sehati Kaban, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:00
Last Modified: 24 Mar 2022 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25231

Actions (login required)

View Item View Item