AMARTYA NUR’ASHILA AUDINA, . (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI ACTIVE LEARNING MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VB SEKOLAH DASAR NEGERI MENTENG ATAS 05 PAGI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (302kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (177kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (320kB) |
|
Text
4.surat pernyataan keaslian skripsi.pdf Download (436kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (360kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (430kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (715kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (242kB) |
|
Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (248kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (687kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (218kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (172kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan Active Learning Model Everyone is A Teacher Here. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Menteng Atas 05 Pagi berjumlah 33 siswa, yang terdiri 16 siswa perempuan dan 17 siswa laki - laki. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan model Kemmis & Mc Taggart berbentuk spiral. Penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, obervasi, dan refleksi. Pada siklus I penilaian pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa hanya mencapai 88.3%. Pada siklus II penilaian pemantau tindakan mengalami peningkatan aktivitas guru menjadi 93.3% dan aktivitas siswa menjadi 91.7%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa siklus I yang hanya mencapai 69.7% dari jumlah siswa keseluruhan. Peningkatan pada siklus II sebesar 18.2% menjadi 89.7% dari jumlah keseluruhan siswa. Implikasi pada penelitian ini adalah bahwa Active Learning Model Everyone is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. The aims this Action Research of class to improve results learning of Social Sciences by using Active Learning Model Everyone is A Teacher Here. The respondence of this study are students of VB grade SDN Menteng Atas 05 Pagi totaling 33 students, consisting of 16 female students and 17 male students. This research uses the action research Model Kemmis & Mc Taggart spiral. This research was conducted in two cycles with stages of planning, action, observation, and reflection. In the first cycle, the assessment of action monitoring of teacher and student activity only reached 88.3%. In second cycle the assessment of action monitoring increased teacher activity to 93.3% and student activity became 91.7%. The increase also occurred in the students' learning results 1st cycle which only reached 69.7% of the total students. The increase in 2nd cycle was 18.2% to 89.7% of the total number of students. The implication of this research is that Active Learning Model Everyone is A Teacher Here can improve students’ Social Sciences learning results.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Yustia Suntari, M.Pd 2). Dra. Sehati Kaban, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:00 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25231 |
Actions (login required)
View Item |