PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 54 JAKARTA

ARMANDO MUHAMMAD, . (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 54 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. Soal Uji Coba Instrumen.pdf

Download (153kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (262kB)
[img] Text
0. Cover.pdf

Download (56kB)
[img] Text
1. Abstrak.pdf

Download (260kB)
[img] Text
1. Kisi-kisi Uji Coba Instrumen.pdf

Download (247kB)
[img] Text
4. Data Hasil Uji Coba Instrumen.pdf

Download (113kB)
[img] Text
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (298kB)
[img] Text
5. Data Hasil Uji Coba Instrumen Kelas Atas dan Bawah.pdf

Download (99kB)
[img] Text
3. Kunci Jawaban Soal Uji Coba Instrumen.pdf

Download (132kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (270kB)
[img] Text
7-10. Daftar Isi, Tabel, Grafik, Lampiran.pdf

Download (134kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (157kB)
[img] Text
7. Perhitungan Validitas Instrumen Soal Nomor 1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
5. Motto dan Persembahan.pdf

Download (147kB)
[img] Text
6. Data Perhitungan Validitas Instrumen.pdf

Download (101kB)
[img] Text
10. Data Perhitungan Reliabilitas Instrumen.pdf

Download (112kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
11. Perhitungan Reliabilitas Instrumen.pdf

Download (322kB)
[img] Text
8. Data Nilai Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal.pdf

Download (88kB)
[img] Text
9. Perhitungan Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal.pdf

Download (280kB)
[img] Text
13. Soal Pre-Test dan Post-Test.pdf

Download (132kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (332kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (197kB)
[img] Text
12. Kisi-kisi Soal Pre-Test dan Post-Test.pdf

Download (215kB)
[img] Text
16. Lembar Jawaban Hasil Pre-Test Kelas Eksperimen.pdf

Download (245kB)
[img] Text
15. Analisis Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas Eksperimen.pdf

Download (238kB)
[img] Text
14. Kunci Jawaban Soal Pre-Test dan Post-Test.pdf

Download (194kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
17. Lembar Jawaban Hasil Post-Test Kelas Eksperimen.pdf

Download (209kB)
[img] Text
18. Riwayat Hidup.pdf

Download (89kB)
[img] Text
18. Perhitungan Rata-rata, Varians dan Simpangan Baku Kelas Eksperimen.pdf

Download (238kB)
[img] Text
19. Perhitungan Grafik Histogram Kelompok Eksperimen.pdf

Download (280kB)
[img] Text
17. Lampiran-lampiran.pdf

Download (81kB)
[img] Text
22. Lembar Jawaban Post-Test Kelas Kontrol.pdf

Download (204kB)
[img] Text
20. Analisis Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas Kontrol.pdf

Download (238kB)
[img] Text
21. Lembar Jawaban Pre-Test Kelas Kontrol.pdf

Download (224kB)
[img] Text
23. Perhitungan Rata-rata, Varians dan Simpangan Baku Kelas Kontrol.pdf

Download (282kB)
[img] Text
24. Perhitungan Grafik Histogram Kelompok Kontrol.pdf

Download (275kB)
[img] Text
27. Uji Homogenitas.pdf

Download (264kB)
[img] Text
28. Uji t.pdf

Download (284kB)
[img] Text
29. Tabel r product moment.pdf

Download (281kB)
[img] Text
26. Uji Normalitas Kelas Kontrol.pdf

Download (292kB)
[img] Text
25. Uji Normalitas Kelas Eksperimen.pdf

Download (292kB)
[img] Text
34. Silabus Sejarah Indonesia Kelas X Semester Genap.pdf

Download (118kB)
[img] Text
33. Tabel Distribusi t.pdf

Download (340kB)
[img] Text
31. Tabel Kurva Normal Persentase.pdf

Download (460kB)
[img] Text
32. Tabel Chi-Kuadrat.pdf

Download (330kB)
[img] Text
30. Tabel Lilliefors.pdf

Download (381kB)
[img] Text
37. Contoh Index Card Match.pdf

Download (189kB)
[img] Text
38. Surat Izin Penelitian.pdf

Download (298kB)
[img] Text
35. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Eksperimen.pdf

Download (543kB)
[img] Text
36. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Kontrol.pdf

Download (589kB)
[img] Text
39. Surat Selesai Penelitian.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Index Card Match terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 54 Jakarta dimulai pada bulan Februari sampai dengan Mei 2017. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 54 Jakarta yang berasal dari 24 kelas berjumlah 864 siswa, sedangkan populasi terjangkau adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 144 siswa yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Randomized Control Group Pre Test-Post Test pada kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini telah diuji coba kepada 33 siswa di kelas X MIPA 3 dengan perhitungan validitas instrumen menggunakan rumus r Product Moment, diperoleh 42 butir soal valid dari 60 butir soal. Uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown menghasilkan nilai rii = 0,951 dengan demikian, instrumen valid dan reliabel. Uji normalitas menggunakan rumus Lilliefors, pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung yaitu 0,143 < Ltabel yaitu 0,148, maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung yaitu 0,092 < Ltabel 0,148, maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dan diperoleh hitung yaitu 1,901 < tabel yaitu 3,84 maka varians homogen diterima. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menghasilkan thitung yaitu 5,794 > ttabel yaitu 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Index Card Match terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 54 Jakarta. The purpose of this research is to obtain empirical data about the effect of cooperative learning towards the history learning outcomes at SMA Negeri 54 Jakarta began in February to May 2017. Quantitative approach and experimental method applied in this research. The target population is all of the students at SMA Negeri 54 Jakarta who totaled 864 students from 24 classes, while accessible population is the students of X IPS classes who total 144 students consisting of four classes. Sampling technique using Randomized Control Group Pre Test-Post Test, on the X IPS 4 as the class of experiment and X IPS 3 as a control classes. The instrument already tested to 33 students in X MIPA 3 with the calculation of the validity of the instrument using the forimula r Product Moment, obtained 42 were valid from 60 items. Reliability test using Spearman Brown who result rii = 0,951, therefore instruments is valid and reliable. Normality using equations Lilliefors test, on class experiments obtained Lhitung is 0,143 < Ltabel is 0,148 and on the control class obtained Lhitung is 0,092 < Ltabel is 0,148, then the data distribution in both classes were normal. Homogeneity tests using the Barlett tests and obtained hitung is 1,901 < tabel is 3,84 as a result, the investigated samples had variation that was homogeny. Hypothesis testing using t tests produce thitung is 5,794 > ttabel is 2,00 on level trust 95% (α = 0,05), then H0 rejected and H1 received. Thus it can be concluded that there is the effect of cooperative learning Index Card Match towards the history learning outcomes at SMA Negeri 54.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Corry Iriani, M.Pd. 2) Drs. M. Fakhruddin, M.Si.
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:01
Last Modified: 28 Mar 2022 01:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25382

Actions (login required)

View Item View Item