PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN BERBASIS KONTEKSTUAL (CBA) TERHADAP LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 105 JAKARTA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

ADE MUTIA, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN BERBASIS KONTEKSTUAL (CBA) TERHADAP LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 105 JAKARTA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
0. COVER SKRIPSI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (529kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (76kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
12. BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan berbasis kontekstual (CBA) terhadap literasi kimia peserta didik kelas XI MIPA SMAN 105 Jakarta pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SMAN 105 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan menggunakan the post-test only non-equivalent design. Sampel penelitian berjumlah 64 peserta didik kelas XI MIPA C (kelas kontrol) dan XI MIPA D (kelas eksperimen) yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen posttest digunakan untuk mengukur tingkat literasi kimia peserta didik pada materi hidrolisis garam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi kimia peserta didik kelas eksperimen 60,84% dengan kategori sedang sedangkan kemampuan literasi kimia kelompok kontrol 50,82% dengan kategori rendah. Berdasarkan perhitungan uji beda dengan Independent Sample T-test (pada taraf signifikansi α = 0,05) diperoleh nilai thitung (2,597) > ttabel (1,669). Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan berbasis kontekstual (CBA) terhadap literasi kimia peserta didik kelas XI MIPA SMAN 105 Jakarta pada materi hidrolisis garam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tritiyatma H., M.Si ; 2). Dr. Setia Budi, M.Sc
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:40
Last Modified: 28 Mar 2022 03:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25434

Actions (login required)

View Item View Item