ADE MUTIA, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN BERBASIS KONTEKSTUAL (CBA) TERHADAP LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 105 JAKARTA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
0. COVER SKRIPSI.pdf Download (52kB) |
|
Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (529kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (245kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (76kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (106kB) |
|
Text
12. BAB II..pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan berbasis kontekstual (CBA) terhadap literasi kimia peserta didik kelas XI MIPA SMAN 105 Jakarta pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SMAN 105 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan menggunakan the post-test only non-equivalent design. Sampel penelitian berjumlah 64 peserta didik kelas XI MIPA C (kelas kontrol) dan XI MIPA D (kelas eksperimen) yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen posttest digunakan untuk mengukur tingkat literasi kimia peserta didik pada materi hidrolisis garam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi kimia peserta didik kelas eksperimen 60,84% dengan kategori sedang sedangkan kemampuan literasi kimia kelompok kontrol 50,82% dengan kategori rendah. Berdasarkan perhitungan uji beda dengan Independent Sample T-test (pada taraf signifikansi α = 0,05) diperoleh nilai thitung (2,597) > ttabel (1,669). Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan berbasis kontekstual (CBA) terhadap literasi kimia peserta didik kelas XI MIPA SMAN 105 Jakarta pada materi hidrolisis garam
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Tritiyatma H., M.Si ; 2). Dr. Setia Budi, M.Sc |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 03:40 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 03:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25434 |
Actions (login required)
View Item |