PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL UNTUK MENGENALKAN TREATMENT MENGELOLA EMOSI MARAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X (Studi Pengembangan di SMK Cipta Karya)

Lin Rosalia, . (2018) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL UNTUK MENGENALKAN TREATMENT MENGELOLA EMOSI MARAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X (Studi Pengembangan di SMK Cipta Karya). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (538kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (384kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (164kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video tutorial mengenai cara mengelola emosi marah yang ditujukan untuk kelas X di SMK Cipta Karya Jakarta. Jumlah populasi penelitian terdiri dari 3 kelas X dengan jurusan Akomodasi Perhotelan 1, Akomodasi Perhotelan 2, dan Usaha Perjalanan Wisata. Sampel yang diambil pada penelitian sebanyak 67 peserta didik. Peneliti menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan sampel jenuh. Sampel jenuh adalah sampel yang mewakili jumlah populasi (Suryani, & Hendyadi, 2015). Metode penelitian yang digunakan merupakan metode pengembangan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Adapun tahapan model pengembangan yang dilakukan adalah analisis, desain, dan pengembangan. Alat pengumpul data berupa angket dan wawancara. Video tutorial yang dikembangkan berdurasi 29 menit yang terbagi ke dalam 3 sesi. Sesi pertama berisi prolog mengenali emosi marah, sesi kedua berisi tindakan yang dilakukan ketika marah, dan sesi ketiga berisi lanjutan dari langkah mengelola marah serta cara mempertahankan perubahan dari emosi marah. Penilaian media dilakukan oleh validator yang terdiri dari ahli media, 2 ahli konten, dan 10 peserta didik. Berdasarkan penilaian yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil evaluasi formatif oleh ahli media sebesar 95%, penilaian ahli konten 1 sebesar 96%, penilaian ahli konten 2 sebesar 75%, minat peserta didik sebesar 89,5%, serta capaian kinerja pada peserta didik mencapai 90%. Hasil dari pengembangan video tutorial mengenai cara mengelola emosi marah dikatagorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hilma Fitriyani, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Jan 2020 15:04
Last Modified: 02 Jan 2020 15:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2545

Actions (login required)

View Item View Item