PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR (Penelitian dan pengembangan di SDN Karet 06 Pagi, Jakarta Selatan)

DAVID SILITONGA, . (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR (Penelitian dan pengembangan di SDN Karet 06 Pagi, Jakarta Selatan). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (425kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (26kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (334kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (454kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (259kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (91kB)
[img] Text
10. BAB IIII.pdf

Download (365kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (142kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (16MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
14. DAFTAR TABEL.pdf

Download (99kB)
[img] Text
16. HASIL VALIDASI AHLI.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar bahasa Inggris berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan tema Lingkungan Sekolah. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Borg&Gall yang telah dimodifikasi, hanya sampai langkah ke-9. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan kuesioner. Data yang diperoleh dari validasi dengan para ahli yaitu ahli media sebesar 98.75%, ahli materi dan bahasa sebesar 91.25%, guru mata pelajaran Bahasa Inggris sebesar 98.75%. Persentase rata-rata dari validasi dengan para ahli sebesar 96.25% yang berarti sangat baik. Data yang diperoleh dari wawancara siswa pada uji coba lapangan awal yaitu sangat baik, pada uji coba lapangan sebesar 95%, dan pada uji pelaksanaan lapangan sebesar 93.32%. Persentase rata-rata dari evaluasi dengan siswa sebesar 94.16% yang berarti sangat baik. Berdasarkan tes formatif pada tahap uji coba lapangan dan uji pelaksanaan lapangan diperoleh nilai ratarata sebesar 88.18 hal ini menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran tercapai dengan hasil sangat baik. The purpose of this research and development is to produce an English teaching material based on Contextual Teaching and Learning (CTL) approach with school environment theme. This research and development used Borg&Gall model which is modified, until the ninth step. The datas are collected through interview, observation, and questionnaire. The result of validation by experts are 98.75% from media expert, 91.25% from material and language expert, and 98.75% from English teacher. The percentage of average for validation by experts is 96.25% which means very good. The result of preliminary field testing is very good, the result of main field testing is 95% and for operational field testing is 93.32%. The percentage of average for evaluation by pupils is 94.16% which means very good. The pupils’ average score of formative test is 88.18. It means that the aim of English learning has been reached very good.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Dr. Herlina, M.Pd. 2). Drs. Waluyo Hadi, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Apr 2022 11:13
Last Modified: 02 Apr 2022 11:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25617

Actions (login required)

View Item View Item