DEVI ISMI NURHAYATI, . (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN KOSAKATA MELALUI PERMAINAN PAPAN TEKA-TEKI (Penelitian Tindakan Kelas Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Bina Sejahtera, Jakarta Timur, 2017). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (404kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (601kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (243kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (158kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (26kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1 (Instrumen Penelitian).pdf Download (164kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR & DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (62kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (184kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (226kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman kosakata pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Bina Sejahtera, Jakarta Timur melalui permainan papan teka teki. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juni 2017. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam satu siklus. Pada siklus ini terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dengan catatan lapangan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi dan instrumen penelitian pemahaman kosakata. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Bina Sejahtera, Jakarta Timur yang mempunyai masalah pada pemahaman kosakatanya dengan jumlah sebanyak 7 anak. Persentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71%. Hasil analisis data pada siklus I diperoleh persentase sebesar 80%. Berdasarkan keberhasilan persentase yang telah diperoleh, maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa proses pemahaman kosakata anak dapat terbentuk melalui pemberian motivasi dan kesempatan untuk mengemukakan ide, dengan permainan yang menggunakan media nyata untuk melafalkan kata, memahami makna kata, sehingga perbendaharaan kata anak berkembang. This study aims to promote the vocabulary understanding of children aged 5- 6 years at PAUD Bina Sejahtera, East Jakarta through puzzle games board. This research was conducted in January until June 2017. The method used was classroom action research and conducted in one cycle. The cycle consists of planning, acting, observing, and reflecting. The techniques of data collection used non-test on the implementation of measures data children’s the vocabulary of understanding and through observation techniques in the form of field notes, photo documentation, and interviews. The subjects of this research were 7 students of PAUD Bina Sejahtera, Jakarta Timur that have vocabulary of understanding problem. Agreed percentage success of researcher and collaborator was 71%. The result of data analysis on cycle one was 80%. Based on the percentage of success has been obtained, the hypothesis in this research was accepted. The qualitative proved that the understanding of vocabulary of children can be formed by building motivation and giving opportunities to bring ideas, attended games with the used real object, to produce the word, undertand the meaning of the word, so the vocabulary of children can be development.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Azizah Muis, S.Pd, M.Pd. 2). Dr. Hapidin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 03 Apr 2022 05:36 |
Last Modified: | 03 Apr 2022 05:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25642 |
Actions (login required)
View Item |