MENINGKATKAN PENGUASAAN UNSUR-UNSUR MUSIK MELALUI MEDIA LAGU MODEL PADA SISWA KELAS III SDN GUNTUR 03 PAGI JAKARTA SELATAN

DIMAS PRATAMA, . (2016) MENINGKATKAN PENGUASAAN UNSUR-UNSUR MUSIK MELALUI MEDIA LAGU MODEL PADA SISWA KELAS III SDN GUNTUR 03 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (13kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (13kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (541kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (471kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (91kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (19kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (39kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (104kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (22kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (21kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] Text
14. LEMBAR DAFTAR TABEL.pdf

Download (13kB)
[img] Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan unsur musik pada siswa kelas III SD. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas siswa kelas III SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan sebanyak 35 orang. Model yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan desain tindakan yang dipakai menurut Kemmis dan MC Taggart yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan instrumen tes praktik/uji keterampilan dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media lagu model dapat dijadikan salah satu media untuk meningkatkan penguasaan unsur musik siswa kelas III SD. Berdasarkan data penelitian persentase nilai ratarata siswa siklus I sebesar 67%, persentase ini meningkat pada siklus II yaitu menjadi 79%. Berdasarkan data pemantau tindakan guru pada siklus I adalah 64% dan meningkat menjadi 87% pada siklus II. Pemantau tindakan siswa pada siklus I adalah 63% dan meningkat menjadi 82% pada siklus II. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran musik melalui media lagu model dapat meningkatkan penguasaan unsur-unsur musik pada siswa kelas III SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan. This classroom action research aims to improve the control of the elements of music in elementary school third-grade students. Subjects in this study is the class of third grade students of SDN Guntur 03 Pagi South Jakarta as many as 35 people. The model used is classroom action research methods, with the design of measures used by Kemmis and MC Taggart that in one cycle consists of four components, that is namely, planning, action, observation, and reflection. Data collection is done by using a test instrument practice / skills testing and field notes. The results showed that the media of song model can be one media to increase the mastery of musical elements in elementary school third grade students. Based on research data the percentage of the value of the average student the first cycle of 67%, this percentage is increased in the second cycle to 79%. Based on data from monitoring the actions of teachers in the first cycle is 64% and increased to 87% in the second cycle. Monitoring the actions of students in the first cycle is 63% and increased to 82% in the second cycle. The implication of these results is that the learning process of music through media of song model can increased the mastery of musical elements in the third grade students of SDN Guntur 03 Pagi South Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd. 2). Dra. Sri Kawuryan, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Apr 2022 11:27
Last Modified: 03 Apr 2022 11:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25658

Actions (login required)

View Item View Item