PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok B di RA Ar-Rahmah, Kampung Rawa Badung, Jakarta Timur 2016)

ENNY BUDIASTUTI, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok B di RA Ar-Rahmah, Kampung Rawa Badung, Jakarta Timur 2016). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (854kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (473kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (605kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (0B)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Grafik.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (393kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (320kB)
[img]
Preview
Image
IMG_20170324_142509.jpg

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG_20170324_142450.jpg

Download (586kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains melalui pembelajaran kooperatif . Penelitian ini dilaksanakan di RA Ar-Rahmah pada bulan Februari-Maret 2016. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui satu siklus dengan 8 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 di RA Ar-Rahmah yang memliki masalah pada hasil belajar sains sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan untuk memperoleh data mengenai pelaksanaan tindakan dan data peningkatan hasil belajar sains anak yaitu melalui teknik observasi yang berupa catatan lapangan, catatan dokumentasi, dan catatan wawancara. Teknik analisis data menggunakan persentase mengikuti standar pencapaian sebesar 71% dan sesuai dengan kesepakatan antara peneliti dan kolaborator.. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh persentase sebesar 34,54% pada pra penelitian. Setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 80,45%. Adapun peningkatan sebelum dan sesudah diberikan tindakan sebesar 45,9%. Berdasarkan hasil peningkatan persentase dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar sains anak kelompok B. Implikasi hasil penelitian ini bahwa pembelajaran kooperatif dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar sains anak kelompok B. The purpose of this research is to improve science learning outcomes cooperative through learning. This research was conducted in RA Ar-Rahmah in February-March 2016. The method used in this study is class action research which is done through a cycle with 8 meetings of planning, action, observation, and refelction. The subjects were children in group B1 in RA Ar-Rahmah who have problems in science learning outcomes as many as 15 children. Data was collected through observation sheet to obtain data on the implementation of the action and children’s science learning outcome data is through observation techniques in the form of field notes, documentation notes, interview notes. Data were analyzed using standard achievement percentage followed by 71% and in accordance with the agreement between the researcher and collaborator. using a minimum score of 71%. Based on the analysis, the obtained percentage of 34,54% in the pre-study. After being given the action in the first cycle increased to 80,45%. As for the increase before and after the action amounted tp 45,9%. Based on the result of an increase in the percentage of this study, it can be stated that hypothesis is accepted. Therefore it can be concluded that cooperative learning can improve science learning outcomes of children in group B. The implication result of this research that cooperative learning can be used as an alternative to learning to improve science learning outcomes of children in group B.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Dwi Utami, M.Pd 2). Prof. Dr. dr. Myrnawati, C.H.,MS.,PKK
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:44
Last Modified: 04 Apr 2022 03:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25727

Actions (login required)

View Item View Item