DWITA PERTAMA SARI, . (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (176kB) |
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (264kB) |
|
Text
4. Abstract.pdf Download (262kB) |
|
Text
1. Lembar Pernyataan.pdf Download (186kB) |
|
Text
0. Cover.pdf Download (16kB) |
|
Text
7. Daftar Isi, Tabel, Grafik, dan Lampiran.pdf Download (137kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (195kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (155kB) |
|
Text
6. Motto dan Persembahan.pdf Download (144kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (88kB) |
|
Text
14. Riwayat Hidup.pdf Download (89kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (86kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (418kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (388kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Jakarta sejak bulan November 2016 sampai dengan Juni tahun 2017. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 12 Jakarta. Terdiri dari 18 kelas, dengan jumlah siswa 648 orang. Populasi terjangkau penelitian adalah siswa Kelas X IPA SMA Negeri 12 Jakarta yang berjumlah 108 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dari populasi terjangkau menggunakan teknik random sampling. Sehingga didapatkan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 60 soal dan diuji kepada 36 siswa. Melalui uji validitas dengan rumus “r product moment” hasilnya 45 soal valid dan 15 soal tidak digunakan. Uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown diperoleh dengan demikian instrumen dapat digunakan. Uji normalitas menggunakan rumus Lilliefors, pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung yaitu 0,115 < Ltabel yaitu 0,148, maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung yaitu 0,140 < Ltabel yaitu 0,148, maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dan diperoleh hitung yaitu 0,176 < tabel yaitu 3,84 maka varians homogen diterima. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menghasilkan thitung yaitu 6,753 > ttabel yaitu 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 12 Jakarta. The purpose of this research is to obtain empirical data about the effect of cooperative learning towards the history learning outcomes at SMA Negeri 12 Jakarta began in November 2016 to June 2017. Quantitative approach and experimental method applied in this research. The target population is all of the students at SMA Negeri 12 Jakarta who totaled 648 students from 18 classes, while accessible population is the students of X IPA classes who total 108 students consisting of four classes. Sampling technique using Randomized Control Group Pre Test-Post Test, on the X IPA 1 as the class of experiment and X IPA 2 as a control classes. The instrument already tested to 33 students in X IPA 3 with the calculation of the validity of the instrument using the forimula r Product Moment, obtained 45 were valid from 60 items. Reliability test using Spearman Brown who result rii = 0,964, therefore instruments is valid and reliable. Normality using equations Lilliefors test, on class experiments obtained Lhitung is 0,115 < Ltabel is 0,148 and on the control class obtained Lhitung is 0,140 < Ltabel is 0,148, then the data distribution in both classes were normal. Homogeneity tests using the Barlett tests and obtained hitung is 0,176 < tabel is 3,84 as a result, the investigated samples had variation that was homogeny. Hypothesis testing using t tests produce thitung is 6,753 > ttabel is 2,00 on level trust 95% (α = 0,05), then H0 rejected and H1 received. Thus it can be concluded that there is the effect of cooperative learning Think Talk Write towards the history learning outcomes at SMA Negeri 12 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Abdul Syukur, M. Hum 2) Dr. Kurniawati, M.Si |
Subjects: | Sejarah Dunia > Sejarah |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 03:16 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 03:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25867 |
Actions (login required)
View Item |