Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Disiplin Anak Usia 7 – 8 Tahun (Studi ExPost Facto Di Kecamatan Ciledug, Tangerang, Banten)

FEBRIYANI ISTIQOMAH, . (2016) Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Disiplin Anak Usia 7 – 8 Tahun (Studi ExPost Facto Di Kecamatan Ciledug, Tangerang, Banten). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5 Lembar Pengantar.pdf

Download (122kB)
[img] Text
1 Judul.pdf

Download (51kB)
[img] Text
4 Lembar Surat Pernyataan Keaslian.pdf

Download (654kB)
[img] Text
2 Lembar Pengesahan.pdf

Download (843kB)
[img] Text
3 Lembar Abstrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
9 BAB II.pdf

Download (426kB)
[img] Text
8 BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
10 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 Lembar Daftar Lampiran.pdf

Download (119kB)
[img] Text
6 Lembar Daftar Isi.pdf

Download (138kB)
[img] Text
14 Daftar Tabel.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15 Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (55kB)
[img] Text
12 BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
13 Daftar Pustaka.pdf

Download (170kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf

Download (376kB)
[img] Text
16 Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh keikutsertaan anak dalam bimbingan belajar terhadap perilaku disiplin anak usia 7 – 8 tahun di Kecamatan Ciledug. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 40 anak yang dibagi dalam dua kelompok berdasarkan pengembangan strategi pembelajaran dalam lembaga bimbingan belajar yang diikuti anak, yaitu dengan pembelajaran berpusat pada siswa dan pembelajaran yang berpusat pada guru. Pengambilan sampel dilakukan dengan meng-cluster lembaga bimbingan belajar di Kecamatan Ciledug, kemudian sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah ExPost Facto, dengan membandingkan dua kelompok variabel bebas yang berbeda dengan pengaruhnya terhadap suatu variabel terikat. Perolehan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan dianalisis menggunakan uji – t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengikuti bimbingan belajar dengan pembelajaran berpusat pada siswa menunjukkan perilaku disiplin yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan perilaku disiplin pada anak yang mengikuti bimbingan belajar dengan pembelajaran berpusat pada guru. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berpusat pada anak dapat dijadikan salah satu upaya dalam membentuk perilaku disiplin anak usia 7 – 8 tahun. Oleh sebab itu orangtua dan guru perlu memahami kemampuan dan kebutuhan anak, sehingga dapat memberikan pembelajaran yang bervariasi untuk dapat mendukung perkembangan kognitif dan karakter anak. This research aims to obtain empirical data on the effect of children participation in tutoring to discipline behavior of children aged 7 – 8 years in Ciledug district. Sample in this research consisted of 40 children who were divided into two groups based on the development of learning strategies in a tutoring institution that children followed, that is group of student centered learning and teacher centered learning. The sampling was done by clustered tutoring institution in Ciledug district, then the sample were taken with simple random sampling technique. Method that used in this research was ExPost Facto, by comparing two groups of independent variable to a dependent variable. Data acquisition was done by spread the questioner and analyzed by t – test. The result is children who followed tutoring with student centered learning showed discipline behavior with significantly higher than discipline behavior children who followed tutoring with teacher centered learning. That’s mean student centered learning can be way to developed discipline behavior of children aged 7 – 8 years. Therefore parent and teacher need to understand children capabilities and needs, so they can provide a diverse learning to support children cognitive and character development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Wulan, M.Si. 2). Dr. Nurjannah, SP. M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:22
Last Modified: 06 Apr 2022 03:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25870

Actions (login required)

View Item View Item