MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF CONFIDENCE) SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN CEMPAKA PUTIH BARAT 17 PAGI SENEN JAKARTA PUSAT

FITRI MAYANTI, . (2017) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF CONFIDENCE) SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN CEMPAKA PUTIH BARAT 17 PAGI SENEN JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (159kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (19kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA SIDANG.pdf

Download (137kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (10kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (405kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat. Penelitian dilaksanakan di SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat, yang berlokasi di Jalan Cempaka Putih Barat XIV Nomor 15 Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan September 2016 sampai dengan bulan Desember 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan dalam setiap I siklus. Susbtansi pelajaran dalam penelitian ini adalah matematika, dengan materi pecahan menggunakan kurikulum 2013. Hasil penelitian melalui model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika. Kepercayaan diri siswa pada siklus I adalah 64% dari jumlah seluruh siswa yang memperoleh skor 120 dengan skor secara teoretik 30–150 yang sudah ditetapkan dan mengalami peningkatan signifikan pada siklus II sebesar 92%. Pencapaian hasil pengamatan dari pemantauan tindakan guru pada siklus I pertemuan ke-1 adalah 68,75%, pertemuan ke-2 sebesar 75%, dan pertemuan ke-3 sebesar 82,5%. Peningkatan pada siklus II pertemuan ke-1 adalah 88,75%, pertemuan ke-2 sebesar 93,75%, dan pertemuan ke-3 sebesar 98,75%. Perolehan hasil pengamatan dari pemantauan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan ke-1 adalah 70%, pertemuan ke-2 sebesar 75%, dan pertemuan ke-3 sebesar 80%. Peningkatan pada pada siklus II pertemuan ke-1 adalah 87,5%, pertemuan ke-2 sebesar 95%, dan pertemuan ke-3 sebesar 97,5%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika di kelas IV Sekolah Dasar. The purpose of this research is to increase the students' confidence in learning mathematics using problem based learning model for fourth graders of SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Central Jakarta. Research was conducted at the SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen, located on Jalan Cempaka Putih Barat XIV No. 15 Senen Sub-district, Central Jakarta. The research conducted from September 2016 until December of 2016. The method used was classroom action research with four stages in each cycle includes planning, action, observation and reflection. The research was performed three times in the first cycle. The substance subject in this study was mathematics where the fraction material uses the curriculum of 2013. The research results of problem based learning has been proved to be able to improve students' confidence in learning mathematics. The confidence percentage of the students in the first cycle achieved 64% of the total number of students who received a score of ≥ 120, with a theoretic score of 30-150 that has been determined and has increased significantly in the second cycle at 92%. The achievement of the observations from the monitoring action of teachers in the first cycle in the first meeting was 68.75%, the second meeting was 75%, and in the third meeting was at 82.5%. The increase in the second cycle in the first meeting was 88.75%, while the second meeting reached 93.75%, and in the third meeting was at 98.75%. Acquisition of the observations from the monitoring activity of students in the first cycle in the first was 70%, the second meeting reached 75%, and in the third meeting was gained 80%. The increase in the second cycle in the first meetings was 87.5%, and the second meeting was at 95%, while the third one was at 97.5%. The implication of this study is that the problem-based learning model can be used as one of the ways to enhance students' confidence in learning mathematics for fourth graders of elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd. 2). Dra. Sjarifah Hanum, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:09
Last Modified: 07 Apr 2022 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25940

Actions (login required)

View Item View Item