UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN ALJABAR FUNGSI, KOMPOSISI FUNGSI, DAN INVERS FUNGSI DI KELAS XI IPA 2 SMA SANTA THERESIA JAKARTA PUSAT

LIE LENNY MONICA, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN ALJABAR FUNGSI, KOMPOSISI FUNGSI, DAN INVERS FUNGSI DI KELAS XI IPA 2 SMA SANTA THERESIA JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
2. Lembar Persetujuan.pdf

Download (463kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (97kB)
[img] Text
3.1 ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (143kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (245kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (338kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
13. Lampiran.pdf

Download (32MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (84kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Penemuan Terbimbing pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Santa Theresia Jakarta Pusat. Sumber data pada penelitian ini adalah 26 orang siswa kelas XI IPA 2 SMA Santa Theresia Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas XI IPA 2 SMA Santa Theresia Jakarta Pusat yang berlangsung dari bulan Februari hingga Maret 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus yang pada setiap siklusnya terdapat tes akhir untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IPA 2 SMA Santa Theresia Jakarta Pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan proses pembelajaran setiap siklusnya mengalami kemajuan termasuk meningkatnya keaktifan dan semangat siswa. Pada siklus I sebanyak 50% dari keeam subjek penelitian mencapai nilai KKM, pada siklus II meningkat menjadi 100% dari ke enam subjek penelitian mencapai nilai KKM, dan pada siklus III tetap 100% dari keenam subjek penelitian yang mencapai nilai KKM. The purpose of this study was to determine the increase in the ability of understanding students' mathematical concepts through the application of Guided discovery learning model in class XI IPA 2 SMA Santa Theresia Central Jakarta. Sources of data in this study were 26 students of class XI IPA 2 SMA Santa Theresia Central Jakarta. The subjects were six students of class XI IPA 2 SMA Santa Theresia Central Jakarta whom lasted from February to March 2016. This research is a classroom action research using guided discovery learning model. The study consisted of three cycles in each cycle there is a final test to measure the ability of understanding mathematical concepts class XI IPA 2 SMA Santa Theresia Central Jakarta. The results showed that the study of mathematics by using guided discovery learning model could improve students' understanding of mathematical concepts. This is indicated by the learning process of each cycle progress included increased liveliness and enthusiasm the students. In the first cycle, as much as 50% of the study subjects reached the KKM, on the second cycle increased to 100% from the six study subjects reached the KKM, and the third cycle keep 100% of the six research subjects who reached the KKM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Swida Purwanto, M.Pd 2) Drs. Mulyono, M.Kom
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:13
Last Modified: 08 Apr 2022 07:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26123

Actions (login required)

View Item View Item