PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL (VCD) PADA SISWA KELAS III SDN GUNTUR 03 PAGI JAKARTA SELATAN

HIRASMA NANDA SARI, . (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL (VCD) PADA SISWA KELAS III SDN GUNTUR 03 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Abstrac.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN DATA..pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LEMBAR JUDUL.pdf

Download (47kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi melalui penggunaan media pembelajaran audio visual (vcd) pada siswa kelas III SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran siklus Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun tahapan melakukan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data siklus I persentase siswa mendapat nilai menulis narasi ≥ 70 sebesar 71%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 84,375%. Data yang diperoleh menunjukkan hasil tes menulis narasi siswa kelas III SD sudah mencapai target yaitu 80%. Adapun persentase hasil pemantau tindakan dalam pembelajaran menulis narasi menggunakan media vcd pada siklus I sebesar 85% (aktivitas guru) dan 85% (aktivitas siswa). Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 100% (aktivitas guru) dan 92% (aktivitas siswa). Data tersebut menunjukkan bahwa target pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa sebesar 90% telah tercapai. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual (vcd) dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas III SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan. Classroom Action Research (PTK) is done to improve the ability of narrative writing through the use of audio visual learning media (vcd) in grade III elementary school students. The subject of this research is the III grade students of SDN Guntur 03 Pagi South Jakarta. This classroom action research uses the Kemmis and Mc Taggart cycle learning model. The stages of doing this research include planning, implementation of action, observation, and reflection. Data collection techniques in this study in the form of tests, observations, and documentation. Based on the result of research, the data of cycle I percentage of students get the value of writing narrative ≥ 70 equal to 71%. Then there is an increase in the second cycle of 84.375%. The data obtained showed the test results of writing narration of grade 3 elementary school has reached the target that is 80%. The percentage of action monitoring results in learning narrative writing using VCD media in the first cycle of 85% (teacher activity) and 85% (student activity). In the second cycle there is an increase of 100% (teacher activity) and 92% (student activity). The data shows that the targets of teacher activity and student activity monitoring activities by 90% has been reached. Therefore, it can be concluded that the audio visual learning media (VCD) can improve the ability to write narrative in grade III students of SDN Guntur 03 Pagi South Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd. 2). Drs. Sutrisno, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:29
Last Modified: 09 Apr 2022 02:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26143

Actions (login required)

View Item View Item