PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN PERWIRA BEKASI UTARA (Studi Eksperimen dalam Pembelajaran IPA)

LU’LU EL MAKNUN, . (2017) PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN PERWIRA BEKASI UTARA (Studi Eksperimen dalam Pembelajaran IPA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (183kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (116kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (382kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (360kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (356kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (466kB)
[img] Text
15. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (194kB)
[img] Text
13. DAFTAR TABEL.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas V SD di Kelurahan Perwira, Bekasi Utara menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang diuji normalitas dengan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan metode Inkuiri Terbimbing memiliki hasil nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan metode ekspositori. Hasil ini menunjukkan bahwa metode Inkuiri Terbimbing lebih dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dibandingkan metode ekspositori. Oleh sebab itu, guru perlu memilih metode yang tepat untuk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. The purpose of this research is to know empirical data about the existence of influence of the use of Guided Inquiry to science learning outcomes of fifth grade students in Perwira Urban Village, North Bekasi, the subject of style, second semester of academic year 2016 / 2017. The research was conducted at SDN Perwira II Bekasi. The samples were chosen by using Simple Random Sampling technique which is sample selection by selecting one or several groups randomly by drawing. So selected SDN Perwira II with class VA as experimental class and class VB as control class with sample size as much 35 people. Data collection is done by using test instrument that tested normality with Liliefors test and homogeneity with Fisher test as test of data requirement. Furthermore, hypothesis analysis using t-test. The results showed that students who learn to use Guided Inquiry can give influence to learning outcomes on science learning about style. Guided Inquiry is one alternative that can be used in the learning process in science learning program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). AR. Supriatna, M.Pd. 2). Prof. Dr. Zulela, MS, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 05:27
Last Modified: 11 Apr 2022 05:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26311

Actions (login required)

View Item View Item